Unik, Turis Asing Ikut Ngantri Kasih Ucapan Selamat Ke Gubernur DIY Turis Asing beri selamat pada gubernur DIY. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Pemda DI Yogyakarta menggelar kenduri (perayaan makan bersama) syukuran pelantikan Gubernur dan Wakil Gubenur DIY, Jumat 20 Oktober pagi. Kenduri dilaksanakan di bangsal Kepatihan, Kantor Gubernur DIY di Jalan Malioboro Yogyakarta.

Ribuan warga tampak memadati bangsal Kepatihan sejak pukul 08.00 WIB. Mereka hendak mengucapkan selamat kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono(HB) X atas periode baru kepemimpinannya. Warga berbaris dengan rapi untuk memberikan salam kepada Sri Sultan HB X dan Paku Alam X. Mereka kemudian menyalami kedua pemimpin satu persatu.

Di antara ribuan warga nampak wisatawan asing turut berbaris. Mereka hendak ikut mengucapkan selamat kepada raja Yogyakarta ini.

Ane (29), salah seorang turis asing dari Jerman mengatakan ia datang kesini karena penasaran ingin melihat prosesi pemberian selamat kepada Raja Yogyakarta. Ia yang baru pertama kali melihat Sri Sultan HB X secara nyata.

"Saya mau tau dan mau lihat bagaimana budaya masyarakat Indonesia memberi salam kepada Raja nya," ujar Ane di Kepatihan, Jumat (20/10).

Ia tau acara ini karena diajak temannya yang tengah kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM). Ia pun ingin melihat langsung Raja Yogyakarta.

Sementara itu turis lainnya Freiya (25) datang ke Kenduri karena menilai acara ini unik dan menarik. "Unik karena melihat masyarakat memberi salam ke Rajanya. Itu kan suatu yang berbeda yang acara lainnya," tuturan dengan menggunakan bahasa Indonesia terbata-bata.

Ia juga ingin merasakan bersalaman langsung dengan Raja Yogyakarta.

Sri Sultan Hamengku Buwono X menyalami warga didampingi oleh sang permaisuri Gusti Kanjeng Ratu (Gkr) Hemas sementara.Begitu juga dengan Sri Paduka Paku Alam X, ia juga didampingi oleh sang istri, Bray Atika Suryodilogo.

Usai bersalaman warga segera menyerbu makanan yang sudah disiapkan Pemda DIY diantaranya bakso, empal gentong dan nasi merah. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya pada artikel Kisah Bule Amerika yang Nyicipin jadi Abdi Dalem Keraton Yogakarta



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH