Unik, Pria Juga Bisa Mengalami Gejala Kehamilan Loh! Laki-Laki bisa jadi lebih ngidam dari ibu hamil (Foto: Unsplash/Kelly Sikkema)

KITA semua tahu bahwa perempuan mengemban tugas berat saat mengandung atau hamil, tapi pria juga bisa merasakan gejala kehamilan yang dirasakan pasangannya. Calon ayah rupanya bisa gugup saat menunggu kelahiran si kecil. Gejala kehamilan yang dialami pria ini dikenal dengan sebutan kehamilan simpatik atau couvade syndrome, demikian melansir Alodokter.

Gejala tersebut berupa mual, muntah, bahkan ngidam sekalipun. Hal ini sering dirasakan pria saat kehamilan pertama pasangannya. Ya, pria merasa gugup dan tegang karena tak lama lagi dia akan mengemban tugas baru sebagai seorang ayah.

Baca juga:

Couvade Syndrome, Gejala Menjelang Jadi Ayah



Romantisnya, gejala ini bisa dirasakan gara-gara ikatan yang kuat antar pasangan. Saking cintanya dengan sang istri, pria bisa ikut-ikutan merasakan gejala kehamilan. Nah, bagi calon ayah yang mengalami couvade syndrome, kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut ini.



1. Mengikuti kelas prenatal

Unik, Pria Juga Bisa Mengalami Gejala Kehamilan Lho
Mengikuti kelas ibu hamil (Foto: Unsplash/The Climate Reality Project)



Tak hanya mengatasi gejala kehamilan simpatik. Calon ayah juga bisa terbantu untuk memahami perannya sebagai seorang ayah melalui kelas ini. Termasuk perannya sebagai pendukung bumil selama proses persalinan berlangsung.



2. Melakukan olahraga rutin

Unik, Pria Juga Bisa Mengalami Gejala Kehamilan Lho
Jadi rajin olahraga (Foto: Unsplash/Form)



Berolahragalah bersama pasangan agar sama-sama rileks menghadapi gejala kehamilan simpatik. Olahraga yang bisa kamu lakukan dengan pasangan seperti yoga, jogging, atau sekadar berjalan kaki. Olahraga dapat mengatasi stres pada gejala kehamilan.

Baca juga:

Tanda Kehamilan Aneh yang Tak Perlu Dikhawatirkan



3. Minta saran dari keluarga atau teman

Unik, Pria Juga Bisa Mengalami Gejala Kehamilan Lho
Banyak bertanya soal kehamilan (Foto: Unsplash/Anna Vander Stel)



Orang bijak pasti belajar dari orang yang berpengalaman. Oleh karena itu, mintalah saran dari keluarga atau teman yang pernah mengalami hal ini. Mereka akan membuatmu lebih mudah untuk menerima peran barumu sebagai ayah.



4. Lakukan diskusi berdua

Unik, Pria Juga Bisa Mengalami Gejala Kehamilan Lho
Sering berdiskusi tentang kehamilan dengan pasangan (Foto: Unsplash/Yolanda Sun)



Kunci keberhasilan suatu hubungan ialah adanya komunikasi. Diskusikan masalah kehamilan ini berdua. Sebagai istri misalnya, tanyakan ke suamimu apa saja yang ia khawatirkan terhadap perannya sebagai seorang ayah nanti.

Sambil mendiskusikan hal ini, kamu juga bisa mulai merencanakan pembagian tugas dalam mengurus si kecil nanti. Yuk sahabat Merah Putih, dibawa rileks saja ya untuk menghadapi gejala simpatik. (ikh)

Baca juga:

Cryptic Pregnancy, Kondisi Kehamilan yang Tak Disadari

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya