Unik! Gitar Ini Terbuat dari Tumpukan iPhone Gitar ini sungguh tidak biasa. (Foto: GadgetMatch)

SENI tanpa batas! Benda apapun bisa dijadikan karya di tangan mereka yang memiliki jiwa seni tinggi dan penuh kreativitas. Ya, pernyataan ini tampaknya sangat cocok bagi seniman asal Rusia, Art Mayer. Bagaimana tidak, ia berhasil menciptakan ide nyeleneh dengan membuat gitar listrik dari ratusan iPhone.

Tidak seperti pembuatan gitar pada umumnya, Mayer menggunakan 106 unit iPhone dan satu unit iPad sebagai bahan utama. Gitar listrik tersebut diberi nama iCaster sebuah gabungan dari iPhone dan Telecaster, yakni model dasar gitar Fender Telecester 1999.

Baca juga:

Susul Sony, Vivo dan Intel Juga Mundur dari MWC 2020 Karena Virus Corona

Memiliki tingkat ketebalan sebanyak empat iPhone. (Foto: Youtube/Art Mayer)
Memiliki tingkat ketebalan sebanyak empat iPhone. (Foto: Youtube/Art Mayer)

Dalam proses pembuatannya, ia menggunakan empat iPhone untuk membuat ketebalan gitar yang telah direkatkan sebelum dihaluskan. Kemudian, gitar tersebut ditambahkan balok kayu mahoni, gagang atau neck gaya Telecaster, dan sepasang pickup dan koil tunggal.

Meski terbuat dari potongan iPhone, gitar listirk ini mampu menghasilkan suara seperti pada umumnya. Bahkan, gitar tersebut memiliki frekuensi suara yang lebih tinggi daripada gitar biasa. Mayer mengaku puas dan takjub atas karyanya sendiri.

Baca juga:

Bill Gates Pesan Kapal Pesiar Mewah Ramah Lingkungan, Harganya Bikin Melotot

“Ya, iPhone benar-benar memberikan frekuensi tinggi meskipun faktanya blok penahan gitar terbuat dari kayu mahoni. Kendati begitu, secara umum, iCaster termasuk gitar hebat dan langka,” ujarnya.



Mayer membagikan proses pembuatan gitar listrik ini di akun Youtubenya, ArtMayer. Video berdurasi lima menit tersebut memperlihatkan Mayer yang awalnya membawa ratusan iPhone yang diikat karet. Setelah itu, ia membongkar satu per satu iPhone sebelum akhirnya disusun dan diolah.

Ide unik ini bukanlah karya pertama Art Mayer. Sebelumnya, ia juga pernah membuat gitar dari bahan dasar 36 bungkus mi ramen.

Memiliki bobot sekitar 3,6 kilogram, gitar iCaster ini awalnya dijual di situs Reverb dan dibanderol dengan harga 1 juta USD atau sekitar Rp 13,7 miliar. Namun, harganya kini turun drastis menjadi 6 ribu USD atau sekitar Rp 82 juta. Gimana, sobat Merahputih tertarik membelinya? (And)

Baca juga:

WOW! Goodie Bag Oscar 2020 Senilai Rp3 Miliar, Yuk Intip Isinya


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH