Unik, Bunga-Bunga ini Lezat Disantap Beberapa jenis bunga sedap untuk disantap. (foto: pixabay)

MENGONSUMSI sayur wajib hukumnya jika ingin kesehatan usus terjaga. Kandungan serat dan vitamin dalam sayur-mayur tentu akan amat bermanfaat bagi tubuh kamu. Sayur segar selalu lezat diolah apa saja, mulai dari ditumis, dibuat sup, direbus, atau bahkan dimakan mentah sebagai lalapan.

Umumnya, bagian sayuran yang dinikmati ialah daun ataupun batangnya. Namun, ternyata ada lo bagian bunga beberapa tanaman yang lezat untuk disantap. Apa saja ya? Berikut bung-bunga yang enak disantap.

1. Bunga Bawang

bunga bawang
(Foto: resepkoki)

Bunga bawang memiliki bentuk seperti bawang daun dengan ujung bunganya yang putih kuncup. Bunga yang satu ini merupakan bunga sempurna yang memiliki benang sari dan kepala putik. Kandungan nutrisi bunga bawang amat beragam, seperti vitamin C, serat, asam folat, zat besi, dan kalsium.

Karena punya kandungan antiseptik dan senyawa alliin, bunga bawang kerap dijasikan obat tradisional. Umumnya bunga bawang bisa digunakan untuk penyakit-penyakit infeksi akibat bakteri secara luas. Alliisin dalam bunga bawang dapat mengurangi ketegangan pembuluh darah hingga 72%.

Tumbuhan hijau ini punya rasa segar dan tekstur yang renyah. Bunga bawang biasanya dicampurkan ke dalam berbagai tumisan. Selain itu, bunga bawang juga lezat dinikmati segar atau mentah bersama lumpia khas Semarang.

2. Bunga Pepaya

bunga pepaya
(Foto: kamuskulinerku)

Apa pun yang ada dalam pohon buah pepaya ternyata bisa dimanfaatkan, mulai dari daun, bunga, hingga akarnya. Jika biasanya kebanyakan orang hanya mengolah buah pepaya muda dan daun pepaya untuk sayur, ternyata bunga pepaya juga tak kalah enak. Meski punya rasa pahit, dengan pengolahan yang tepat, bahan makanan tersebut bisa amat lezat. Rasa pahit bisa disamarkan dengan cara direbus bersama asam dan penambahan bumbu rempah yang kuat dalam masakan.

Bunga pepaya berbentuk menyerupai terompet kecil. Warnanya kuning pucat atau putih dan lengkap dengan tangkainya. Yang diolah untuk sayur biasanya bunga pepaya yang masih kuncup, belum mekar, dan berwarna hijau muda kekuningan.

Bunga pepaya mengandung alkhaloid charpein, tatanin, triterpenoid, falavanoid, streroid, serat alami, dan karbohidrat. Itulah mengapa bunga ini baik untuk memperbaiki nafsu makan, menangkal radikal bebas, mencegah diabetes, dan menurunkan kolesterol.

3. Bunga Genjer

bunga genjer
(Foto: pinterest)

Genjer adalah sejenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal. Biasanya tumbuhan itu ditemukan bersama-sama dengan eceng gondok. Biasanya, bagian genjer yang diambil untuk dikonsumsi ialah daun dan batangnya. Namun, ternyata bunganya pun bisa dikonsumsi. Bentuk bunga genjer ini kecil dan masih berbentuk kuncup.

Untuk mendapatkan rasa bunga genjer yang segar seperti kangkung, pilihlah bunga genjer yang masih muda. Bunga genjer ini biasa dijual dalam satu ikatan terpisah dari daun genjer. Mengonsumsi bunga dan daun genjer dipercaya bisa menambah nafsu makan. Caranya, 15 gram daun genjer berikut bunganya dikukus setengah matang lalu dinikmati sebagai lalap.


4. Bunga atau Jantung Pisang

jantung pisang
(Foto: Tips Kesehatan Tubuh)

Bunga yang satu ini sudah cukup terkenal untuk dimasak. Bunga pisang memiliki bentuk seperti organ jantung manusia dengan warna merah keunguan. Rasa bunga pisang ini sedikit pahit dengan tekstur yang empuk. Tapi jika diolah dengan benar, rasa pahitnya bisa tersamarkan.

Jantung pisang punya banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya meredakan PMS, menyehatkan rahim, mengandung nutrisi baik bagi ibu hamil, hingga baik bagi penderita diabetes.

5. Bunga Kecombrang

bunga kecombrang
(Foto: kamuskulinerku)

Tak hanya cantik, bunga kecombrang juga enak disantap. Warnanya merah jambu dengan bentuk kuncup sepanjang jari telunjuk atau lebih panjang. Rasa bunga kecombrang cenderung asam dengan aroma yang khas.

Kecombrang atau bunga honje terutama dijadikan bahan campuran atau bumbu penyedap berbagai macam masakan di Nusantara. Di Jawa Barat, kuntum bunga ini sering dijadikan lalap atau direbus lalu dimakan bersama sambal. Kecombrang yang dikukus juga kerap dijadikan bagian dari pecel di daerah Banyumas. Sementara itu, di Pekalongan, kecombrang yang diiris halus dijadikan campuran pembuatan megana, sejenis urap berbahan dasar nangka muda. Adapun Malaysia dan Singapura, kecombrang menjadi unsur penting dalam masakan laksa.

6. Bunga Terubuk

bunga terubuk
(Foto: bebeja)

Namanya terdengar asing ya. Bunga terubuk adalah bunga dari tanaman tebu. Meskipun namanya bunga, bentuknya batang yang beruas-ruas dan berwarna hijau pucat kemerahan. Tekstur bunga terubuk renyah dan manis saat dimakan.

Dibandingkan jenis bunga lainnya, terubuk kaya akan nutrisi dan zat yang baik untuk tubuh. Kandungan mineral dan vitamin C dalam terubuk cukup tinggi, terutama kalsium dan fosfor. Tidak mengherankan jika bunga yang satu ini dapat diolah menjadi makanan lezat. Baik hanya sebagai lalapan, dikukus, atau ditumis.

Tak hanya itu, terubuk juga sering dimasak menjadi sayur lodeh, campuran kare, atau komponen penyedap sayur asem. Terubuk juga nikmat tersaji hanya dengan digoreng bersama tepung.

Bahkan di adat Betawi, terubuk sering dijadikan hidangan wajib suguhan di acara pernikahan. Masyarakat Betawi punya nama khusus untuk menyebutnya, yakni sayur besan. Sajian itu berisikan potongan terubuk, kentang, sohun, petaim dan taburan ebi yang dimasak dengan kuah santan. Sayuran itu biasanya dijadikan buah tangan keluarga mempelai untuk dibawa pulang.

7. Bunga Turi

bunga turi
(Foto: kamuskulinerku)

Bentuk bunga turi yang belum mekar mirip seperti bulan sabit. Jika sudah mekar, lebih mirip seperti kupu-kupu. Warnanya ada yang putih cenderung hijau pucat dan merah. Namun, yang paling sering dikonsumsi ialah yang berwarna putih.

Bunga turi terasa gurih dan manis, sehingga digemari sebagai campuran pecel. Untuk membuat pecel, bunga turi dicampur dengan tauge, bersama dengan kulit melinjo yang sudah dikukus direbus sampai cukup masak. Pastikan merebusnya hingga matang agar tak membuat gatal di tenggorok.

8. Bunga Sedap Malam

bunga sedap malam
(Foto: tokopedia)

Tak hanya aromanya yang harum, ternyata bunga sedap malam juga bisa dimakan. Eit, bunga sedap malam untuk masakan ini berbeda dengan bunga sedap malam yang digunakan untuk hiasan.

Meskipun namanya sedap malam, bunga satu ini berasal dari bunga pisang. Biasanya sedap malam yang digunakan untuk masakan ialah yang bentuknya sudah kering. Dalam masakan, orang-orang lebih sering mencampurkan bunga sedap malam ke dalam sop, tekwan, atau timlo. (dwi)

Kredit : dwi

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH