Unik, Bisnis Gokil Icha Mampu Raup Rp16 Juta per Bulan Tri Amelia dengan sepeda motor yang sudah dimodifikasi melayani jasa setrika keliling. (Foto MerahPutih/Yohannes Abimanyu)

MerahPutih Bisnis - Kesibukan warga Ibukota membuat pekerjaan mencuci dan menggosok pakaian tidak tertangani. Alhasil, bisnis jasa laundry tumbuh subur. 

Tri Amelia jeli melihat peluang ini. Warga Bekasi ini melayani permintaan menggosok pakaian keliling. Dengan menggunakan sepeda motor yang sudah dimodifikasi, Icha, demikian ia akrab disapa, menekuni usaha jasa setrika keliling yang disebut GoKil alias Gosok Keliling.

Icha mengaku saat pertama kali membuka laundry lumayan banyak permintaan dari tetangga dan beberapa komplek di daerah Babelan. Karena pada waktu itu pemilik usaha laundry masih sangat jarang.

"Waktu itu sangat jarang jadi permintaan laundry pun banyak berdatangan untuk minta dicuci. Modal yang saya keluarkan saat itu sebesar Rp10 juta," kata Icha kepada merahputih.com di kediamannya di Komplek Villa Mutiara Gading 3 Blok H3/6, Kebalen, Babelan, Bekasi, Kamis (25/2).

Seiring perjalanan waktu, mulai banyak bermunculan usaha laundry kiloan. Icha menuturkan dua tahun berjalan usahanya mulai sepi permintaan cuci baju laundry.

"Setelah dua tahun berjalan pendapatan dari usaha laundry sudah mulai sepi dan tidak pernah mendapat order mencuci baju. Akhirnya kita memutuskan untuk tidak melanjutkan bisnis ini," kenang Icha.

Kemudian, Icha dan suaminya Irsan Heryadi melakukan riset kecil-kecilan untuk mencari tahu apakah sudah ada yang menjalani bisnis setrika keliling. Icha pun akhirnya mencoba menekuni bisnis setrika keliling pada 2013.  

"Suami saya yang mengerjakan ini. Dia mendesain agar dapat menyetrika di atas motor. Di boks ini terdapat meja setrika, tabung gas 3 kilogram beserta kompornya, dan sebuah panci. dan pewangi pakaian," tuturnya.

Icha menjelaskan panci berisi air yang dihubungkan dengan selang ke alat setrika uap. Uap inilah yang menghantarkan hawa panas ke setrika. "Ketika air mulai mendidih, hawa panas dari uap yang dihasilkan dari panci berisi air akan pindah ke alat setrika," katanya.

Untuk jarak dekat, ia mematok tarif Rp3.500 per kilogram sedangkan untuk tempat-tempat yang jauh dibanderol Rp4.000 per kilogram. Biasanya, semua pekerjaan diselesaikan di tempat, tapi kalau tidak selesai dibawa pulang ke rumah. 

Icha mengaku dalam sebulan bisa mendapat order 4.000 kilogram. Dari pekerjaan jasa setrika keliling Icha memperoleh penghasilan Rp16 juta per bulan. Melalui usaha unik ini Icha berharap dapat menjadi inspirasi bagi ibu-ibu rumah tangga lainnya untuk berwirausaha. (Abi)

BACA JUGA:

  1. Strategi Bisnis Bukalapak Akan Terus Perkuat Komunitas
  2. Bisnis Ikan Discus Online, Yanuar Thio Raup Puluhan Juta Rupiah
  3. Bisnis Camilan Singkong Beromset Rp 90 Juta/Bulan
  4. Budidaya Bambu, Berbisnis Sekaligus Menjaga Keseimbangan Alam
  5. Bisnis Burung Online Menjanjikan

 

 



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH