Unik, 4 Tradisi Ini Dijadikan Cara untuk Membangunkan Sahur di Indonesia Setiap daerah memiliki tradisi unik tersendiri untuk membangunkan sahur (Foto: Barakabits)

SAHUR merupakan sebuah istilah yang merujuk pada aktivitas yang dilakukan dini hari sebagai persiapan menjalankan ibadah puasa. Seperti halnya sarapan, sahur biasa dilakukan dua sampai tiga jam sebelum azan subuh berkumandang. Dari berbagai daerah Indonesia, mempunyai tradisi unik untuk membangunkan sahur untuk warga setempat. Hmm seperti apa ya kira-kira? Yuk simak daftar dibawah ini.

1. Musik dari Traktor Sawah

Unik, 4 Tradisi Ini Dijadikan Cara untuk Membangunkan Sahur di Indonesia
Bangunin sahur pakai traktor (Foto: 99.com)

Bagi warga desa Ngelambangan, Madiun, Jawa Timur. Tradisi membangunkan warga dengan bantuan sound system yang dibawa diatas traktor bukanlah hal baru bagi mereka.

Tradisi ini dilakukan dengan berselawat sambil bermain musik seperti gitar listrik beserta dengan instrumen pendukung lainnya yang diiringi diatas traktor.

2. Can Macanan

Unik, 4 Tradisi Ini Dijadikan Cara untuk Membangunkan Sahur di Indonesia
Can Macanan tradisi Jawa Timur (Foto: curvetube.com)

Warga desa Situbondo Jawa Timur memang memiliki segudang tradisi unik. Kali ini tradisi membangunkan sahur membawa khas budaya daerah yaitu Can Macanan. Menggunakan replika harimau bak ondel-ondel dan diiringi dengan musik.

3. Klotekan Yogyakarta

Unik, 4 Tradisi Ini Dijadikan Cara untuk Membangunkan Sahur di Indonesia
Pakai drum biar masyarakat bangun sahur (Foto: Tribarta Polri)

Tradisi yang dibuat oleh para pemuda di kampung di Yogyakarta ini menggunakan alat-alat musik yang modern. Mulai dari satu set drum yang ditata rapi dan dibawa dengan gerobak.

Baca juga:

Tradisi Membangunkan Sahur di Masyarakat Betawi

Tradisi Unik Ramadan di 6 negara Ini Perlu Kamu Ketahui, Mesir Paling Berwarna!

Hingga rebana yang biasa dipakai untuk marawisan. Tabuhan drum yang keras nan kencang inilah yang berfungsi membangunkan warga untuk bangun sahur.

4. Pocong Banyuwangi

Unik, 4 Tradisi Ini Dijadikan Cara untuk Membangunkan Sahur di Indonesia
Pocong bangunin sahur (Foto: Yukepo)

Bangun tidur untuk sahur, pas liat jalanan malah ramai pocong. Bagi warga banyuwangi, hal ini adalah hal yang biasa. Tradisi dengan berpakaian ala pocong dan membawakan aksesoris-aksesoris hantu lokal.

Lalu berkeliling komplek warga mulai dari jam 1 hingga jam 3. Akan tetapi, kalau begini kok kesan bangunin sahurnya malah jadi horror ya? (riq)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH