Uni Eropa Kirim Bantuan ke Pengungsi Gunung Agung

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 13 Desember 2017
Uni Eropa Kirim Bantuan ke Pengungsi Gunung Agung
Asap kelabu menyembur dari puncak Gunung Agung terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api Agung, Desa Rendang, Karangasem, Bali, Rabu (22/11). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

MerahPutih.com - Uni Eropa (UE) memberikan bantuan senilai 100 ribu Euro atau sekitar Rp 1,6 miliar untuk para keluarga yang terkena dampak letusan Gunung Agung, Karangasem, Bali.

"Hari ini Kantor Bantuan Kemanusiaan Eropa (ECHO) telah memberikan bantuan dana tersebut kepada Palang Merah Indonesia (PMI)," kata Duta Besar UE untuk Indonesia Vincent Guerend dalam acara makan malam bersama media di Jakarta, Rabu (13/12), dilansir Antara.

Bantuan dana kemanusiaan Eropa diperuntukkan bagi sekitar 11 ribu masyarakat di beberapa wilayah yang paling terdampak letusan seperti Bangli, Buleleng, Gianyar dan Karangasem, yang terpaksa harus tinggal sementara di kamp-kamp pengungsian.

Bahan penampungan, air minum, perlengkapan bayi, jamban, masker serta pelayanan kesehatan disediakan bagi para korban.

Selain itu, UE juga mendukung pemulihan dan mempertemukan kembali keluarga-keluarga yang terpisah akibat bencana tersebut.

Status Gunung Agung hingga saat ini masih Awas. Hingga Minggu (10/12) dilaporkan Gunung Agung 17 kali mengembuskan asap bertekanan sedang berwarna putih dan kelabu dengan ketinggian 300 meter hingga 1.500 meter dari atas kawah. (*)

#Gunung Agung #Uni Eropa #Bali
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan