Musik
Ungkap Rasa Syukur kepada Tuhan, Titi Radjo Padmaja Rilis Single ‘Flow’ Single kedua 'Flow' ini bercerita tentang rasa syukur Titi pada Tuhan. (Foto: TitiRadjoPadmaja)

"YOU show me where I need to go, source of my energy to grow…," begitulah bunyi penggalan dalam single terbaru Titi Radjo Padmaja yang bertajuk Flow. Single ini bercerita tentang rasa syukur yang dirasakan oleh Titi selama masa pandemi.

Selama dua tahun belakangan ini, ada begitu banyak masalah yang ia rasakan. Namun, ia merasa Tuhan selalu hadir dan ada untuknya. Nah, lirik ini menggambarkan perasaannya dan menjadi salah satu bagian favorit solois tersebut.

Baca Juga:

Levi’s Music Project 2022, Berbagi Pengetahuan dan Wawasan Bermusik

“(Kata) 'you' ini kadang-kadang orang misal sekilas dengar mikirnya itu adalah pasangan atau pacar kita ya. Tapi (sebenarnya) 'you' di sini adalah Tuhan,” ungkap Titi tentang makna lirik lagunya kepada Merahputih.com dalam temu pers virtual, Rabu (5/10).

Titi secara gamblang mengungkapkan lagu ini agak bermakna spiritual. Sebab, secara tidak langsung, Titi ingin mengajak pendengar untuk merasa lebih tenang dengan menggantungkan diri kepada Tuhan. Lagu ini juga punya tema dan makna yang masih bersambung dengan single pertamanya, Leave and Goodbye yang dirilis pada Juli 2021.

Single 'Flow' ini akan disertai video musik yang dirilis minggu depan. (Foto: TitiRadjoPadmaja)

Flow dirilis secara serentak hari ini di platform streaming digital serta radio Indonesia. Meski baru dirilis sekarang, ternyata proses persiapan single Flow ini sudah berlangsung sejak kurang lebih dua setengah tahun lalu ketika pandemi baru saja dimulai. Proses persiapan ini berlangsung lama dan rumit karena Titi menyiapkan semuanya sendirian. Mulai dari rekaman suara, permainan drum, musik, dan lirik lagu.

Penyanyi kelahiran 1981 hanya berkolaborasi dengan Petra Sihombing sebagai solo guitarist-nya. Ternyata, pemilihan Petra sebagai rekan di single kedua ini bukanlah tanpa alasan. "Karena aku sama Petra tuh udah lama kenal. Petra tuh junior aku (di universitas),” jelas Titi sambil bercerita tentang perjalanannya mengenal Petra.

“Ngobrolnya nyambung dan berfikir tentang musiknya juga nyambung jadi kurasa ketika udah nyambung sih jadi gampang untuk berkolaborasi sih,” lanjutnya.

Baca Juga:

Tampil Pertama Kali di Singapura, Mikha Angelo Lakukan Live Looping

Alasan kenapa Titi memilih menyiapkan semuanya sendiri adalah karena ia ingin single Flow ini rilis dengan sempurna. Mantan drummer lagu jazz ini mengaku dirinya perfeksionis dalam segala hal, termasuk menciptakan karya. Jadi ia ingin terjun langsung dalam pembuatannya dan merancang seluruh musik.

Terlepas dari itu, ia merasa cukup puas dengan single terbarunya ini karena sudah berhasil menggambarkan maksud dan pemikirannya dengan baik. Lagu ini juga diakui salah satu karya terbaik yang benar-benar menggambarkan dirinya.

Meski belum ada detail lengkap, ke depannya Titi berencana merilis bentuk album fisik. (Foto: TitiRadjoPadmaja)

Flow memiliki genre pop yang diiringi alunan melodis nan lembut. Pada pertengahan lagu terdengar ketukan drum yang mengiringi tarian Titi. Single ini dilengkapi oleh video klip dominan putih kekuningan yang akan dirilis sekitar pertengahan Oktober nanti.

Seluruh lagu Flow dinyanyikan Titi dalam lirik berbahasa inggris. Pemilihan bahasa asing itu bukanlah tanpa alasan. Mantan juri Indonesia Mencari Bakat ini merasa lebih mampu menyampaikan isi hatinya dalam bahasa Inggris. Dulu dirinya pernah mencoba menulis dalam bahasa Indonesia, tetapi ternyata tidak seluwes ketika dinyanyikan dalam bahasa Inggris.

"Ketika bahasa Inggris itu ada maknanya yang luas, tapi bisa disampaikan dalam satu dua kalimat. Bahasa Inggris itu lebih simple dan dalem ya menurutku. Tapi nanti single ketiga kayaknya akan ada Bahasa Indonesia," beber Titi tentang rencana ke depannya pada merahputih.com.

Saat ini, single Flow baru hadir dalam versi digital saja. Namun, Titi berencana untuk merilis bentuk fisik dari albumnya nanti. Entah itu berbentuk vinyl atau buku album seperti kebanyakan musisi. Bagi Titi, album berbentuk fisik lebih punya nilai dan makna. Sebab, tak seperti bentuk digital, bentuk fisik bisa membuat seseorang bernostalgia ketika dibuka kembali.

Tujuan utama dari perilisan album ini adalah rasa ingin berbagi Titi kepada penggemar dan pendengar tentang perasaannya. Sedangkan untuk popularitas dan jumlah pendengar, ia mengaku tidak ambil pusing tentang hal tersebut. Sebab baginya popularitas hanyalah bonus. Titi hanya ingin menyajikan karya yang benar-benar menggambarkan dirinya sendiri dan menuangkan hobinya dalam bernyanyi. (mcl)

Baca Juga:

NewJeans Tampil Sebagai Model untuk iPhone 14 Pro x SK Telecom

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Turunkan Berat Badan Sambil Berpuasa ala Ade Rai
Fun
Turunkan Berat Badan Sambil Berpuasa ala Ade Rai

Ade Rai bagikan tips turunkan berat badan sambil berpuasa

Jamkrindo Dukung Penguatan UMKM sebagai Pahlawan Ekonomi Nasional
Hiburan & Gaya Hidup
Jamkrindo Dukung Penguatan UMKM sebagai Pahlawan Ekonomi Nasional

Melalui dukungan layanan penjaminan kredit.

Toyota Yaris Cross Versi GR Sport, Mesin Buas Tampilan Sporty
Fun
Toyota Yaris Cross Versi GR Sport, Mesin Buas Tampilan Sporty

Toyota Yaris Cross GR Sport dengan mesin buas dan gaya crossover.

TikTok Shopping 2021 Didominasi Pelanggan Perempuan
Fun
TikTok Shopping 2021 Didominasi Pelanggan Perempuan

Para perempuan sangat antusias belanja di TikTok Shopping 2021.

Penyedia Jasa Pembayaran Perluas Ekosistem Digital di Sektor Pendidikan
Fun
Penyedia Jasa Pembayaran Perluas Ekosistem Digital di Sektor Pendidikan

Transaksi pembayaran di bidang pendidikan semakin murah.

Bryan Domani dan Mawar de Jongh Adu Akting di Serial ‘My Ice Girl’
Fun
Bryan Domani dan Mawar de Jongh Adu Akting di Serial ‘My Ice Girl’

erial investigasi tentang misteri kematian Amanda (Maria Theodore) yang dikelilingi isu remaja masa kini.

Cinta belum Usai ala Tyok Satrio dalam ‘Bukan Siapa-Siapa’
Hiburan & Gaya Hidup
'Street Fighter 6' Resmi Diumumkan
Fun
'Street Fighter 6' Resmi Diumumkan

Teaser untuk Street Fighter 6 menampilkan Ryu yang tampil lebih kekar.

'Uncharted' akan Debut Streaming di Netflix
ShowBiz
'Uncharted' akan Debut Streaming di Netflix

Selain Uncharted, banyak film dari franchise besar yang akan dihadirkan di Netflix.