Ungkap Fitur Rahasia di Whatsapp Whatsapp memiliki fitur trsembunyi. (Foto: Pixabay/geralt)

DI era teknologi seperti saat ini, berkirim pesan jauh lebih mudah. Hitungan menit kita bisa mengetahui respon dari orang yang ingin kita ajak bicara. Salah satu aplikasi yang mempermudah komunikasi di masa kini adalah instant messanger. Salah satu instant messanger yang kerap digunakan oleh pengguna smartphone adalah Whatsapp. Whatsapp menjadi aplikasi andalan semua kalangan dari muda hingga dewasa. Hal tersebut karena Whatsapp menawarkan sejumlah fitur yang mempermudah kita dalam berkomunikasi.

Banyak pengguna Whatsapp yang tak mengetahui fitur tersembunyi di Whatsapp, terutama mereka yang generasi tua. Berikut beberapa fitur tersembunyi di Whatsapp versi terbaru yang bisa digunakan.

whatsapp
Whatsapp, aplikasi isntant messanger yang paling populer saatini. (Foto: Pexels/Anton)

1. Membatalkan Pesan Terkirim

Ketika hendak mengirim pesan, kita kerap kali merasa ragu, apakah pesan yang kita kirim bisa berakibat buruk untuk orang lain. Terkadang kita terlanjur mengirim pesan tersebut dan was-was pesan kita akan membuat orang lain salah paham. Atau mungkin kita salah mengirim pesan. Pesan yang ingin kita kirim ke teman justru terkirim ke bos atau dosen. Kini tak perlu khawatir. Whatsapp menyediakan fitur pembatalan pesan. Caranya, ketuk pesan cukup lama lalu pilih “hapus” dan pilih “hapus untuk semua orang”. Perlu diingat, fitur ini berlaku terhadap pesan yang dikirim kurang dari 7 menit.

2. Menghilangkan centang biru

Tanda centang biru muncul ketika pesan kita telah dibaca oleh lawan bicara kita. Ketika melihat tanda centang biru muncul, biasanya kita bersiap-siap menunggu respon dari lawan bicara. Meski demikian, tak semua orang nyaman dengan keberadaan centang biru. Kini kita bisa menonaktifkan centang biru jika kita tak ingin diketahui orang lain kalau kita sudah membaca pesannya. Masuk ke Pengaturan > Akun > Privasi > Baca Tanda Terima

Jika kita mengaktifkan cara ini, kita pun takkan bisa melihat jika orang lain sudah membaca pesan kita. Jika ingin tetap mengetahui pesan sudah dibaca orang lain tanpa ingin terlihat sudah membaca pesan mereka, aktifkan Mode Pesawat sebelum membuka pesan.

3. Sembunyikan status online terakhir

Keberadaan status online pada Whatsapp berfungsi untuk menginformasikan pengguna lain kapan terakhir kali kita membuka aplikasi Whatsapp. Namun, tak semua orang nyaman jika orang lain tahu mereka online. Kita bisa menyembunyikan status ini. Pilih menu Pengaturan> Akun > Privasi > Terakhir dilihat.

whatsapp
Banyak fitur yang memanjakan pemakainya. (Foto:Pixabay/Webster2703)

4. Menghentikan Download Otomatis

Fitur download otomatis membawa sejumlah kerugian bagi kita. Memori telepon penuh karena telepon genggam kerap mendownload otomatis unggahan di grup Whatsapp. Selain itu, download otomatis juga menghabiskan daya baterai dan paket data cukup besar. Kini kita bisa menghentikan download otomatis. Masuk ke Setting > Data Usage > Media Auto Download. Ada tiga tab yang bisa dipilih antara lain “When Using Mobile Data”, “When Connected on WiFi”, atau “When Roaming”.

5. Pemberitahuan Khusus

Mungkin ada beberapa orang yang menjadi prioritas kita untuk berkirim pesan lewat aplikasi Whatsapp. Jika kita mengharapkan pesan Whatsapp dari mereka, tetapkan pemberitahuan. Ketuk nama mereka dan tekan Pemberitahuan Khusus.


6. Tanda Bintang

Ketika kita mengirim informasi penting melalui aplikasi Whatsapp, kadangkala kita harus scroll untuk menemukan pesan tersebut. untuk mempermudah mencatat informasi penting yang dibagikan lewat Whatsapp, kita bisa menandai pesan dengan simbol bintang. Pilih pesan yang ingin ditandai, ketuk dan tahan beberapa detik. Pada header Whatsapp akan muncul tanda bintang. Pilihlah bintang tersebut untuk menandai pesan.

Jika ingin melihat pesan yang sudah ditandai, cukup ketuk tiga titik di sudut kanan atas. Pilih tab “Starred Messages”.

7. Beri Tanda Pin

Whatsapp memungkinkan kita untuk menempatkan kontak prioritas di bagian paling atas. Caranya dengan menandai pin kontak tersebut. ketuk dan tahan obrolan lalu beri tanda pin.

8. Mute Percakapan

Mute bermanfaat untuk membungkam bunyi notifikasi pesan masuk dari percakapan seseorang atau grup yang dianggap berisik. Cara me-mute percakapan setiap ponsel berbeda. Untuk pengguna Android, tekan percakapan agak lama. Selanjutnya tekan ikon speaker silang di bagian atas. Bagi pengguna iPhone, buka percakapan lalu tekan nama kontak di bagian atas dilanjutkan dengan opsi “Mute”.

whatsapp
Fitur Whatsapp memudahkan penggunanya. (Foto: Pixabay/Betshy)

9. Whatsapp di Komputer

Aplikasi Whatsapp lazimnya menggunakan smartphone. Berbagai hal bisa terjadi dengan telepon genggam kita. Mulai dari telepon genggam rusak hingga hilang. Untuk itu, kita bisa menggunakan komputer untuk bertukar pesan lewat Whatsapp. Penggunaan Whatsapp lewat laptop atau PC cukup mudah. Pilih opsi Whatsapp Web di aplikasi mobile. Selanjutnya kunjungi web.whatsapp.com. Scan kode QR melalui ponsel. Setelah login di PC pengguna tetap bisa berkirim pesan lewat smartphone atau PC.

10. Huruf tebal dan miring

Layaknya tulisan PC atau laptop, kini Whatsapp memungkinkan tulisan menjadi tebal (bold), miring (italic), dan dicoret (strike through). Masukkan karakter khusus sebelum dan setelah kata yang diinginkan untuk diubah.

Jika ingin huruf tebal, gunakan tanda bintang (*) sebelum dan sesudah kata yang diinginkan. Jika ingin huruf berubah miring, ketik lambang underscore (_) sebelum dan sesudah huruf yang diinginkan. Jika ingin dicoret gunakan lambang (~) pada kata yang diinginkan.

11. Ekspor Percakapan ke Email

Beberapa percakapan penting tak cukup hanya dengan mendapat tanda bintang. Pesan-pesan yang berisi informasi penting juga bisa dikirim ke email. Untuk pengguna Android pilih Menu dilanjutkan dengan More > Email Chat. Pada iPhone, tekan kontak di bagian layar kemudian pilih Ekspor Chat.

12. Colek teman

Percakapan di grup kita bisa segera diketahui oleh teman yang ingin kita sebut namanya. Gunakan fitur mention atau colek teman di grup percakapan. Dengan menggunakan fitur ini, teman akan mengetahui bahwa kita mengajak mereka bercakap-cakap di grup Whatsapp. Whatsapp akan memberi notifikasi khusus. Ketik karakter @ di depan nama teman kita.

13. Mengetahui Teman Yang Sering Dihubungi

Penasaran dengan teman yang paling sering dihubungi lewat Whatsapp? Pilih Pengaturan > data dan Penggunaan Penyimpanan > Penggunaan Penyimpanan. Tampilan Whatsapp pun akan memperlihatkan kontak yang paling sering berbincang dengan kita melalui storage yang paling besar. Untuk mengetahui laporan lebih rinci. Tekan setiap kontak yang muncul untuk melihat statistic seperti jumlah pesan yang dipertukarkan, GIF dan sebagainya. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH