Unggul Pilkada Jatim, SMRC Sebut Khofifah-Emil Belum Aman Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan)-Emil Dardak (kedua kanan). ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

MerahPutih.Com - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkait Pilkada Jatim 2018 menemukan bahwa elektabilitas pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistyanto Dardak menggungguli perolehan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)–Puti Guntur Soekarno.

Berdasarkan hasil survei yang digelar akhir Mei 2018 itu Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistyanto Dardak mendapat dukungan 48,5% dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)–Puti Guntur Soekarno yang mendapat dukungan 40,8%.

"Jika pemilihan langsung Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur diadakan saat survei, maka pasangan Khofifah-Emil unggul tipis terpaut 8 persen suara dari pesaingnya," ungkap Direktur Eksekutif SMRC Sirojuddin Abbas saat menggelar rilis hasil survei di Kantornya Jalan Cisadane Menteng, Jakarta Pusat (22/6).

Khofifah dan Emil Dardak
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah)-Emil Dardak (kanan). (ANTARA/Aprilio Akbar)

Meskipun demikian, kata Sirojuddin, keunggulan Khofifah-Emil belum dapat dikatakan aman. Sebab, selisih suara Khofifah dan Saifullah Yusuh hanya terpaut 8 persen.

"Sementara yang belum tahu atau tidak menjawab sekitar 10 persen dan hampir 30 persen menyatakan masih mungkin mengubah pilihan pada hari H pemilihan," ujarnya.

Namun ada indikator yang mestinya membuat pasangan nomor urut 1 ini optimistis, yaitu dukungan yang terus mengalir dari konstituen.

"Dukungan terhadap Khofifah terus meningkat dibandingkan hasil survei bulan Februari, Dukungan pada Khofifah naik dari 40 persen pada Februari menjadi 48 persen pada Mei ini," ucap dia.

Sedangkan dukungan terhadap Saifullah-Puti masih stagnan pada angka 40-41 persen.

Gus Ipul dan Puti Guntur
Saifullah Yusuf mengambil surat keputusan rekomendasi pencalonan di Pilgub Jawa Timur bersama Puti di Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Rabu (10/1). (Dok. Istimewa)

Sementara itu, jika disimulasikan dalam kategori wilayah dapil, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak unggul di delapan dari sebelas dapil, sedangkan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)–Puti Guntur Soekarno unggul di dua dapil. Yakni dapil 5 (Malang, Batu) dan Dapil 6 (Blitar, Kediri, Tulungagung). Sementara itu di Dapil 1 (Surabaya, Sidorajo), dukungan untuk kedua calon seimbang.

Seperti diketahui, Survei SMRC dilakukan di tiga provinsi di tiga waktu berbeda. Di Jawa Tengah, survei dilakukan pada 23-30 Mei 2018. Di Jawa Timur, survei dilakukan pada 21-29 mei 2018. Di Jawa Barat, survei dilakukan pada 22 Mei -1 Juni 2018.

Jumlah sampel di masing-masing provinsi sebanyak 820 orang, yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Toleransi kesalahan (margin of error) survei di masing-masing provinsi diperkirakan kurang lebih dari 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Hasil Survei: Elektabilitas Gus Ipul-Puti Ungguli Khofifah-Emil Dardak

Kredit : fadhli


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH