Unggul di 'Exit Poll' Luar Negeri, PSI Tepis Cap Partai Nol Koma Ketua PSI Grace Natalie bersama kader PSI di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (26/9). (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek Prayudi menanggapi hasil postif partainya dalam sejumlah exit poll di beberapa kota besar dunia seperti Berlin, Melbourne, Singapura, London, dan Toronto.

"Exitpoll itu menunjukkan bahwa PSI itu bukan hanya dikenal tapi juga diterima karena kita dengan mereka mereka yang diluar negeri itu memiliki satu cita- cita yang sama tentang bangsa ini mau dibawa kemana," kata Dedek, saat dihubungi MerahPutih.com, Kamis (17/4).

"Tapi satu hal yang pasti, kita yang berada di dalam negeri ini akhirnya melihat bahwa apa yang selama ini dihubungkan PSI nggak akan lolos, PSI nol koma ternyata itu keliru," tegas petinggi PSI akrab disapa Uki itu.

Menurut Uki, hasil positif PSI dalam sejumlah hasil exitpoll di beberapa kota besar dunia menujukkan kekecewaan masyarakat terhadap partai-partai lama yang memiliki kursi di DPR.

"Mungkin dengan adanya PSI ini masyarakat seperti punya harapan kembali tentang partai nasionalis, di samping partai nasionalis lain kan jadinya seperti ditegur 'Hey kamu sudah terlalu pragmatis'," kata Uki.

Grace Natalie
Ketua Umum PSI Grace Natalie menyampaikan pidato dihadapan kader PSI di Yogyakarta (MP/Fadhli)

Uki pun mengaku optimis hasil exit poll ini akan berdampak baik pada perolehan suara PSI di dalam negeri. Optimisme ini, lanjut dia, hampir dirasakan seluruh jajaran pengurus partai besutan Grace Natalie ini.

"Kita melihat dari exitpoll luar negeri, jadi kita akan merayakanlah kemenangan. Cuma seberapa menangnya, ini yang masih menjadi perbedaan, saya mengatakan PSI ini 6,8%, ada lagi dari kader kami dari PSI juga mengatakan yakin 5 koma sekian persen," tutup dia.

inggris PSI

Hasil exit poll di beberapa kota besar dunia seperti Berlin, Melbourne, Singapura, London, dan Toronto menunjukkan PSI mampu meraih suara terbesar, diikuti oleh PDI-P, PKS, dan PKB.

Di Berlin, Jerman, PSI 31,9%, PDIP 18,1%, dan rahasia/tidak jawab 12,1%. Di Melbourne PSI 39,09 %, PDIP 24,55 %, dan sebanyak 20,00 % menyatakan tidak jawab/rahasia. Di Singapura, PSI 19,8%, PDIP 16,8%, dan PKB 12,5%.

Di Sydney, Australia, PDIP 20,83%, PSI 30,83%, tidak jawab/rahasia 35%. Sementara exit poll di Toronto Amerika Serikat, PDIP mendapat 22,4%, PSI 50,9%, dan yang menyatakan rahasia sebesar 19%. (Pon)

Kredit : ponco


Wisnu Cipto