UNESCO Desak Pemerintah Jadikan Seba Baduy Sebagai Warisan Budaya Dunia

Ana AmaliaAna Amalia - Minggu, 15 Mei 2016
UNESCO Desak Pemerintah Jadikan Seba Baduy Sebagai Warisan Budaya Dunia
Gubernur Banten Rano Karno didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Banten Opar Sochari menyerahkan cenderamata kepada perwakilan warga Baduy: MP/CTR

MerahPutih Budaya - United Nation Education Scientific and Cultural Organization (Unesco), organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan meminta pemerintah Republik Indonesia untuk mencatatkan Seba Baduy sebagai warisan budaya dunia tak benda yang berakar tradisi masyarakat nusantara.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Banten Opar Sochari, Sabtu (14/5).

"Di tingkat nasional, Seba Baduy sudah diakui sebagai warisan budaya tak benda tradisi masyarakat nusantara," ujarnya kepada merahputih.com.

Menurutnya pihak Unesco telah datang sendiri ke Baduy beberapa bulan lalu untuk menemui para tetua adat, dan menyampaikan maksudnya, sekaligus meneliti kehidupan masyarakat di selatan Banten tersebut.

"Meskipun kita dipinta langsung oleh pihak Unesco, tetapi kita tidak berhak menyampaikan permintaan tertulis langsung kepada Unesco, karena hanya pihak kementerian yang berhak," jelasnya.

Untuk memenuhi persyaratan tercatat di Unesco, pemerintah provinsi Banten perlu melengkapi segala dokumen yang diperlukan, dan itu sudah diselesaikan.

"Sekira sebulan lalu datang lagi surat yang mendesak kita untuk mempercepat proses kelengkapan dokumen yang diperlukan, karenanya kita lengkapi. Kini prosesnya tergantung pihak kementerian," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pihak kementerian bukan hanya mengurusi provinsi Banten saja, meski kelengkapan dokumen di tingkat provinsi sudah dipenuhi, tetapi ada kemungkinan harus menunggu antrean.

"Tergantung berapa warisan kebudayaan tak benda yang tengah digodok oleh pihak Unesco, jika tidak ada antrean tentu prosesnya lebih cepat," jelasnya. (Ctr)

BACA JUGA:

  1. Kolaborasi Maestro Musik Sunda dan Doulce Mémoire Bikin Hening Teater Kecil TIM
  2. Teater Cahaya dari Papua, Kisah Teror Naga Jahat
  3. Teater Cahaya dari Papua, Upaya Melestarikan Seni Indonesia
  4. Wajah Indonesia dalam Festival Teater Mahasiswa Indonesia
  5. Dibayar 75 Ribu, Dede Yusuf Tetap Semangat Ikut Teater Wayang
#UNESCO #Suku Baduy Di Banten #Seba Baduy
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan