Uncle Tetsu, si Lembut dari Jepang Makin Diminati di Indonesia Kue Uncle Tetsu. (Instagram/uncletetsuindonesia)

INDONESIA merupakan salah satu surga kuliner dunia. Tidak hanya kuliner etnik atau kuliner daerah yang menjadi ciri khas, Indonesia juga menjadi tempatnya kuliner campuran atau kuliner yang berasal dari negeri lain.

Selain itu, saat ini berjamuran juga kuliner-kuliner kekinian yang sudah mendunia. Brand-brand dunia punya tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner di Indonesia.

Sebuah brand kuliner dari Jepang mulai terkenal di sini. Namanya Uncle Tetsu. Mungkin bagi Anda pencinta makanan 'luar' tidak asing lagi dengan yang satu ini. Di dunia, gerainya lebih dari 200 dan di Indonesia baru ada 10. Gerai terbaru buka di Makassar.

Uncle Tetsu berupa kue atau di kita lebih mudah diingat secara visual seperti bolu. Jenisnya cheesecake atau kue keju. Warna cokelat kekuning-kuningan dengan bentuk bulat loyang. Di bagian atas dicap kartun yang jadi ikon, Uncle Tetsu, wajah sang penemu kue yang dikenal bertekstur lembut itu.

tetsu

Kelembutan Uncle Tetsu konon merupakan bawaan dari negeri asalnya, Jepang. Sang penemu Tetsushi Mizokami mengembangkan kue asal daerahnya, Fukuoka. Dia bahkan telah mulai mengenal dunia kue sejak berusia lima tahun. Ayah dan ibunya memiliki toko kue dan permen.

Tetsushi Mizokami mengembangkan kue unggulan, yang sekarang jadi brand Uncle Tetsu, dari ramuan keju Australia, mentega Eropa, dan tepung Jepang. Hal yang menjadikan bahan-bahan tersebut unggul, yaitu teknik memasak dengan cara Jepang. Hal itu kemudian menjadikan Uncle Tetsu memiliki cita rasa berbeda dan menjadi salah satu unggulan di dunia kue keju terutama cheestart asal Jepang yang sudah merambah masuk ke Indonesia.

Uncle Tetsu masuk ke Indonesia awal 2017. Gerai pertamanya ada di Mal Central Park Jakarta. Sejak saat itu, satu demi satu gerai mereka muncul di Ibu Kota dan kota besar lainnya.

Pada pembukaan outlet kedua di Pondok Indah Mall, Jakarta, pada Mei 2017, Tetsushi Mizokami menceritakan bahwa saat itu dalam waktu yang bersamaan dia juga tengah meracik kue dengan rasa khusus Indonesia. Hal itu dia lakukan juga di negara lain yang telah ada gerai Uncle Tetsu.

Bagi Tetsushi Mizokami, Indonesia memiliki kedekatan tersendiri. Di telah puluhan kali datang ke Indonesia, terutama ke Bali. Dia mengaku telah jatuh hati kepada Indonesia sejak berumur 27 tahun setelah ia tinggal di Australia.

Dia juga membagi rahasia mempertahankan brandnya tetap dicintai pecinta kuliner di setiap negara. Uncle Tetsu fokus melatih para pekerjannya untuk menjaga kualitas dan membuat kue secara sempurna. "Kalau terkenal mungkin karena ada muka saya di atas kuenya," candanya, seperti dilansir Antara.

Setiap kue yang telah dimasak akan dicap ikon Unkle Tetsu yang diambil dari dirinya. Gambar dan orangnya sama-sama terkenal ke seluruh dunia saat ini.

"Sejak 30 tahun lalu saya membuka toko sendiri, tapi saya sebenarnya mulai membuat kue sejak 60 tahun lalu," katanya.

Belakangan Uncle Tetsu ekspansi ke Indonesia Timur. Pada 14 April 2017, Uncle Tetsu membuka gerai di Mal Ratu Indah (MaRI) Makassar, Sulawesi Selatan. Pemilihan Makassar bukan sembarangan. Makassar sebagai pintu gerbang wilayah timur Indonesia dipilih untuk memperkenalkan kue ini ke lidah orang-orang di sana. Bukan tidak mungkin kota-kota besar di daerah timur akan kembali bermunculan di masa depan.

General Manager Uncle Tetsu Shop Indonesia Richard A Nugraha pada kesempatan itu mengatakan, lidah orang Sulawesi cocok Uncle Tetsu. Dia yakin benar kue lembutnya bisa diterima di sana."Kue kami sangat lembut, dengan tekstur yang sangat spesial," katanya.

Outlet Mal Ratu Indah Makassar merupakan outlet ke-10 di Indonesia. Sebelumnya di Jakarta, Bekasi, Surabaya, Palembang dan Bandung. (*)



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH