UNBK Hari Pertama SMP di Yogyakarta Molor Satu Jam Suasana UNBK SMP 5 Yogyakarta (MP/Teresia Ika)

Merahputih.com - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) server komputer di beberapa sekolah di DIY mendadak eror. Pelaksanaan UNBKpun terpaksa molor hingga satu jam.

Salah satunya di SMPN 5 Kota Yogyakarta. Server komputer di ruang 3 ujian tiba-tiba eror saat pelaksanaan ujian pertama. Para siswa terpaksa menunggu sekitar satu jam lamanya untuk bisa mengerjakan soal. Soal ujian yang seharusnya dikerjakan pukul 07.30 baru bisa dibuka pukul 08.30 wib.

"Begitu mati, kami langsung hubungi Disdik. ternyata kendalanya dari server pusat. Server beberapa sekolah lainnya juga ada yang eror Kami tidak bisa berbuat apa-apa," ujar Suharno, Kepala sekolah SMPN 5 KOta Yogyakarta, Senin (23/4).

Pihak sekolah kemudian meminta siswa yang belum bisa ujian untuk menunggu diluar ruangan.
Beberapa siswa nampak stress menunggu pelaksanaan ujian. Beberapa lainnya nampak asyik membaca kembali buku-buku pelajaran sambil menunggu server normal kembali.

Siswa SMP 5 Yogyakarta (MP/Teresia Ika)

Suharsono melanjutkan pihaknya menyayangkan kejadian ini. Kejadian ini tentu sangat merugikan siswa. "Jauh-jauh hari kami sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghindari kerusakan. Seperti mengecek server, software dan persiapan genset. Ternyata hari H malah dari pusat yang rusak,"katanya.

Ia berharap agar tahun depan kejadian ini tidak terulang. Pemerintah pusat diminta lebih memperhitungkan berapa banyak kebutuhan daya server yang dibutuhkan saat pelaksanaan ujian.

Kerusakan server juga dialami SMPN 6 Kota Yogyakarta. pelaksanaan ujian molor hingga 45 menit karena menungu server normal kembali. "Harusnya ujian mulau 07.30 WIb. Tapi mundur sampai 45 menit. Baru bisa akses token sekitar 08.15 wib,"kata Retna Muryaningsih, Kepala sekolah SMPN 6.

Pihaknya hanya bisa pasrah dan meminta para siswa bersabar menunggu hingga kendala teratasi.

Kendala ini disebabkan karena kapasitas server di sejumlah wilayah kelebihan kapasitas atau over load karena terjadi lonjakan peserta UN yang sangat drastis. Khususnya di tingkat SMP dibandingkan tahun lalu.

Meski begitu, kendala gangguan server yang dialami sejumlah SMP pada pelaksanan UNBK hari pertama tersebut hanya berlangsung selama tidak lebih dari 30 menit dan langsung ditangani sehingga pelaksanaan UNBK sudah dapat dilaksanakan dengan baik.

UNBK SMA. Foto: ANTARA

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sendiri telah meminta maaf atas adanya gangguan server pada pelaksanaan hari pertama UNBK. Gangguan tersebut, terdapat di server pusat. Pada prinsipnya, kendala tersebut tidak berakibat fatal terhadap pelaksanaan ujian. Karena waktu pelaksanaan ujian dapat dimundurkan.

"Misalkan gangguan terjadi sekitar 30 menit, maka pelaksanaan ujian dapat dimundurkan 30 menit juga. Yang terpenting disini adalah siswa tidak boleh dirugikan,” jelas Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM), Kemendikbud, Ari Santoso.

Dengan adanya kendala pada pelaksanaan ujian hari pertama, Ari berharap para siswa peserta ujian tidak resah dan tetap konsentrasi. “Kepada para siswa peserta ujian, jangan resah dan tetap konsentrasi, serta fokus pada pelaksanaan ujian. Kami akan terus memberikan pelayanan yang terbaik dalam pelaksanaan ujian nasional,” pesan Ari.

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributormerahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Protes Hasutan Berbau SARA, Warga Yogya "Kirim" Telur Bebek ke Amien Rais


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH