Umur Panjang Bisa Diakalin Panjangkan umurmu dengan cara ini (Foto: Pixabay/igorovsyannykov)

BANYAK orang yang berpikir bahwa umur yang panjang merupakan faktor genetik. Meskipun itu ada benarnya. Namun ternyata gen tidak begitu berperan dalam panjangnya umur.

Ternyata, faktor eksternal lebih mempengaruhi panjang pendeknya umurmu. Seperti faktor lingkungan, gaya hidup, dan pola makan. Untuk memperpanjang umurmu, yuk ikuti saran dari Alina Petre, ahli diet dan pemegang gelar Master of Science ini!


1. Konsumsi kacang lebih banyak

sehat
Kacang mengandung serat dan vitamin. (Foto: Pixabay/stevepb)

Kacang adalah makanan yang kaya protein, serat, antioksidan. Selain itu, kacang kaya vitamin dan mineral seperti tembaga, magnesium, potasium, folat, niasin, serta vitamin B6 dan E.

Dilansir dari healthline.com, menurut berbagai hasil penelitian dikatakan bahwa kacang memiliki efek positif pada penyakit jantung, tekanan darah tinggi, peradangan, diabetes, kadar lemak tinggi, serta beberapa bentuk kanker. Menurut penelitian yang dilakukan ncbi.nlm.nih.gov, orang yang mengkonsumsi setidaknya 3 porsian kacang perminggu memiliki 39% risiko kematian lebih rendah.

2. Perbanyak konsumsi kunyit

sehat
Kunyit dapat mencegah penuaan. (Foto: Pixabay/atulkprajapati2000)

Sebagai salah satu pencegah penuaan, cobalah mengkonsumsi kunyit lebih banyak. Rempah-rempah yang banyak ditemukan di makanan tradisional Indonesia ini mengandung senyawa bioaktif kuat yang dinamakan curcumin. Zat ini merupakan antioksidan dan anti-peradangan tubuh. Dengan demikian bisa memaksimalkan kinerja otak, hati, dan paru-paru serta melindungi penyakit kanker serta berbagai masalah penuaan.


3. Jangan merokok

sehat
Merokok dapat memangkas 10 tahun waktu hidupmu (Foto: Pixabay/realworkhard)


Merokok sangat memiliki relasi kuat terhadap berbagai macam penyakit dan kematian dini. Hasil penelitian yang dilakukan oleh ncbi.nlm.nih.gov mengatakan bahwa perokok akan kehilangan 10 tahun waktu hidup mereka. Lalu lebih berpotensi meninggal sebelum waktunya, tiga kali cepat daripada orang yang tidak merokok.

Meskipun begitu, tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Karena meskipun kamu berhenti pada umur 35 tahun, penelitian mengatakan bahwa mereka tetap bisa mempertahankan masa hidupnya sampai kepada 8,5 tahun.


4. Hindari stres dan cemas

sehat
Kecemasan membunuhmu. (Foto: Pixabay/elisariva)


Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang menderita stres dan kecemasan dilaporkan dua kali berpotensi meninggal karena serangan jantung, stroke, serta kanker paru-paru.

Jika kamu sering merasa stres, maka keoptimisan merupakan kunci dari solusi. Perbanyaklah tertawa dan biarkan energi positif mewarnai hidupmu agar hidup kamu lebih panjang. (shn)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH