Festival Film Cannes
Umumkan ‘Titane’ Menang Palme d’Or di Awal, Spike Lee Kejutkan Cannes Spike Lee, anggota juri Tahar Rahim, Maggie Gyllenhaal, Jessica Hausner, dan Melanie Laurent. (cnn.com)

SPIKE Lee mengejutkan penonton di penghargaan Festival Film Cannes dengan mengumumkan pemenang Palme d'Or 'Titane' sebelum penghargaan lain. Kekeliruan yang tidak direncanakan itu bisa saja menghilangkan ketegangan yang biasa dibangun pada awal acara dan memuncak di akhir.

Namun sebaliknya, perubahan itu menciptakan energi yang sangat tidak terduga ketika presenter dan peserta sama-sama mencoba membayangkan bagaimana mengembalikan alur kembali dan apa yang mungkin dilakukan presiden juri selanjutnya. Tentunya sambil menahan napas untuk pemenang perempuan kedua Palme d'Or di festival untuk menerima hadiahnya.

BACA JUGA:

Sepekan Rilis, ‘Black Widow’ Raup Rp 2,8 Triliun

Dalam Titane, film horor Prancis, Julia Ducournau yang sebelumnya menyutradarai Raw (2016), memberikan visi horor radikal. Film itu pasti akan membuat gelombang saat tayang lebih luas. Titane berkisah tentang gadis kecil bernama Alexia yang dipasangi pelat titanium di kepalanya akibat sebuah kecelakaan. Entah bagaimana, pelat titanium itu mengubah Alexia. Ia menjauh dari orangtuanya dan lebih memilih bercinta dengan mobil.

titane
Titane, film Prancis karya sutradara Julia Ducournau menampilkan visi horor radikal. (bbc.com)

Ketika tiba saatnya bagi Ducournau untuk menerima hadiahnya, ia mengingat masa kecil menonton penghargaan Cannes setiap tahun. "Saat itu, saya yakin semua film yang dianugerahkan pasti sempurna karena berada di atas panggung. Malam ini, saya berada di panggung yang sama. Saya tahu film saya tidak sempurna, tetapi saya pikir tidak ada film yang sempurna di mata orang yang membuatnya. Kamu bahkan bisa mengatakan milik saya mengerikan," ujarnya seperti diberitakan Variety.com (18/7).

Ia kemudian mengatakan kemenangannya menunjukkan bahwa 'dunia menjadi semakin cair'. Ducournau berterima kasih kepada juri karena merangkul keragaman dan 'karena membiarkan 'sang monster' masuk'.

Juri juga memberikan penghargaan bagi 'monster' lain: Nitram, potret pembunuhan massal yang tidak konvensional. Pemenang pertama yang menerima penghargaan tersebut ialah bintang film Caleb Landry Jones, yang tampil sangat gugup di podium sehingga menolak untuk memberikan pidato. Jones mendapatkan penghargaan aktor terbaik untuk penampilannya yang memukau sebagai pelaku pembantaian Port Arthur, Australia.

Penghargaan aktris terbaik diberikan kepada aktris Norwegia Renate Reinsve untuk perannya yang cemerlang dalam The Worst Person in the World. Film itu berkisah tentang seorang perempuan muda yang menilai dirinya sendiri dengan keras karena tidak dapat memutuskan antara kekasih, jalur karier, dan apakah dia ingin membesarkan anak.

Juri menyebarkan kemenangan dengan memberikan Grand Prix, penghargaan tempat kedua Palme d'Or untuk dua film berbeda: A Hero karya Asghar Farhadi dan Compartment No 6 karya Juho Kuosmanen.

Leos Carax mendapatkan penghargaan sutradara untuk Annette, sebuah musikal tragis tentang pasangan selebritas (diperankan Adam Driver dan Marion Cotillard) yang kariernya bentrok dan menciptakan keretakan dalam hubungan mereka.

Sutradara Jepang Ryusuke Hamaguchi dianugerahi skenario terbaik untuk adaptasi tiga jamnya dari Drive My Car karya Haruki Murakami. Hamaguchi menemukan kedalaman baru dalam cerita pendek 40 halaman.

Untuk penghargaan lain, hadiah juri khusus diberikan kepada Ahed’s Knee karya Nadav Lapid dan Memoria karya Apichatpong Weerasethakul.

festival film cannes
Ducournau berterima kasih kepada juri 'karena membiarkan 'sang monster' masuk'. (variety.com)

Sebagai presiden juri, Lee memimpin kelompok mayoritas perempuan yang mencakup aktor-sutradara Prancis-Senegal Mati Diop, aktor-pembuat film Amerika Maggie Gyllenhaal, sutradara Austria Jessica Hausner, aktor-pemimpin Prancis Melanie Laurent, sutradara Brasil Kleber Mendonca Filho, aktor Prancis Tahar Rahim, aktor Korea Selatan Song Kang-ho, dan penyanyi kultus Prancis Mylene Farmer.

Penghargaan baru yang tidak kalah bergengsi, Camera d'Or, dianugerahkan kepada Murina karya Antoneta Alamat Kusijanovi. Film itu merupakan sebuah kisah dewasa Kroasia tentang seorang perempuan muda yang menegosiasikan ketertarikannya kepada orang asing yang tiba di pulau terpencilnya. Film itu dipilih juri khusus yang dipimpin Melanie Thierry (Tralala) dari 31 fitur debut di semua bagian festival.

Berikut daftar lengkap penghargaan yang diumumkan dalam Festival Film Cannes.

KOMPETISI

- Palme d’Or: Titane- Grand Prix — A Hero dan Compartment No. 6- Sutradara: Leos Carax, Annette- Aktor: Caleb Landry Jones, Nitram- Aktris: Renate Reinsve, The Worst Person in the World- Jury Prize — TIE: Ahed’s Knee dan Memoria- Naskah: Ryusuke Hamaguchi, Drive My Car

PENGHARGAAN LAIN

- Camera d’Or: Murina, Antoneta Alamat Kusijanovi- Short Films Palme d’Or: All the Crows in the World, Tang Yi- Short Films Special Mention: August Sky, Jasmin Tenucci- Golden Eye Documentary Prize:- Ecumenical Jury Prize:- Queer Palm: The Divide

UN CERTAIN REGARD

- Un Certain Regard Award: Unclenching the Fists, Kira Kovalenko- Jury Prize: Great Freedom, Sebastian Meise- Prize for Ensemble Performance: Bonne Mere, Hafsia Herzi- Prize for Courage: La Civil, Teodora Ana Mihai- Prize for Originality: Lamb, Valdimar Johannsson- Special Mention: Prayers for the Stolen, Tatiana Huezo

DIRECTORS’ FORTNIGHT

- Europa Cinemas Label: A Chiara, Jonas Carpignano- Society of Dramatic Authors and Composers Prize: Magnetic Beats, Vincent Maël Cardona

CRITICS’ WEEK

- Nespresso Grand Prize: Feathers, Omar El Zohairy- Society of Dramatic Authors and Composers Prize: Elie Grappe and Raphaëlle Desplechin, Olga- GAN Foundation Award for Distribution: Elie Grappe and Raphaëlle Desplechin, Zero Fucks Given- Louis Roederer Foundation Rising Star Award: Sandra Melissa Torres, Amparo

CINÉFONDATION

- First Prize: The Salamander Child, Theo Degen- Second Prize: Salamander, Yoon Daewoon- Third Prize — TIE: Love Stories on the Move, Carina-Gabriela Dasoveanu dan Cantareira, Rodrigo Ribeyro.(aru)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Melihat Lebih Dekat Font Baru Google
Fun
Melihat Lebih Dekat Font Baru Google

Google baru saja merilis Roboto Serif, sebuah jenis huruf baru untuk android, yang diklaim sangat ideal untuk membaca teks online

Indische Party Berdansa Kembali Lewat Single ‘The Highest Stars’
ShowBiz
Indische Party Berdansa Kembali Lewat Single ‘The Highest Stars’

The Highest Stars merepresentasikan kehadiran Kubil Idris sebagai gitaris baru dari Indische Party.

Stray Rats x New Balance Rilis Seri 991
Fashion
Stray Rats x New Balance Rilis Seri 991

Mengombinasikan beberapa warna yang familier.

Netflix akan Hadirkan Film Live-Action Komik Keanu Reeves 'BRZRKR'
ShowBiz
Netflix akan Hadirkan Film Live-Action Komik Keanu Reeves 'BRZRKR'

Selain film live-action, BRZRKR juga akan dibuat versi serial animasi.

Brie Larson Kembali Membangun Bentuk Tubuhnya untuk 'The Marvels'
ShowBiz
Brie Larson Kembali Membangun Bentuk Tubuhnya untuk 'The Marvels'

Brie Larson melakukan latihan fisik untuk tampil sebagai Captai Marvel di film The Marvels.

Jarang Disadari, Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Pasangan
Fun
Jarang Disadari, Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Pasangan

Jarang disadari, ini tanda kamu terlalu bergantung pada pasangan

Wajib Baca! Manga untuk Penggemar Sepeda
Fun
Wajib Baca! Manga untuk Penggemar Sepeda

Manga sepeda yang tak hanya bercerita sisi teknis sepeda, tetapi juga kehidupan pemiliknya

Momen seru 'IN THE SOOP: Friendcation'
ShowBiz
Momen seru 'IN THE SOOP: Friendcation'

Park Seo-jun, Peakboy, Choi Woo-shik, Park Hyung-sik, dan V BTS, jalan bareng ke berbagai tempat.

Pentingnya Dominasi Konten Lokal Edukatif dan Inspiratif
Fun
Pentingnya Dominasi Konten Lokal Edukatif dan Inspiratif

KPI Pusat berharap konten lokal yang edukatif, inspiratif dan ramah anak, bisa mendominasi media penyiaran Indonesia

Redface Pimpin Raihan Poin Indonesia di Nomor PUBG Mobile SEA Games 2021, ini Profilnya
Fun