UMKM Naik Kelas, Siap Hadapi Resesi Global

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 21 Desember 2022
UMKM Naik Kelas, Siap Hadapi Resesi Global
Hadapi resesi global berbagai pemangku kepentingan mulai meracik jurus mengatasinya. (Foto: Freepik/Rawpixels)

PERGANTIAN tahun hanya tinggal hitungan hari. Para pelaku ekonomi terbelah dalam menyikapi tahun baru 2023. Sebagian merasa optimistik, lainnya keburu pesimistik lantaran prediksi Resesi Global pada 2023.

Menyongsong tahun yang tak pasti tersebut, pemangku kepentingan dituntut memiliki persiapan. Seperti dilakukan oleh Kementerian Perekonomian (Kemenko) dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin). Mereka berupaya meracik jurus guna hadapi potensi resesi global 2023.

Keduanya menggelar event akbar Gebyar 100.000 Warung Posko Pangan dan Laku Pandai yang berlangsung pada 16-18 Desember 2022. Kegiatan ini bertujuan mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) naik kelas.

Untuk mencapai misi itu, penyelenggara melibatkan berbagai pemangku kepentingan terkait mulai dari pemerintah daerah, pusat, hingga swasta seperti PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP atau WMP). Acara ini dihadiri pula oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Baca juga:

Hadapi Resesi dengan Finansial Sehat

umkm resesi global
Gebyar 100.000 Warung Posko Pangan dan Laku Pandai yang berlangsung pada 16-18 Desember 2022. (Foto: Widodo Makmur Perkasa)

Gelaran ini berlangsung selama tiga hari di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, dan menghadirkan berbagai produk pangan dari seluruh Indonesia.

Acara ini menjadi ruang interaksi yang sangat apik bagi pelaku UMKM, kelompok koperasi perempuan, dan produsen pangan seperti WMP untuk saling bersinergi menyediakan dan mendekatkan pangan terbaik bagi masyarakat.

Chief People Officer and Corporate Secretary, PT Widodo Makmur Perkasa Tbk, Puti Retno Ali, menyambut baik inisiasi pemerintah merangkul UMKM. Dia juga menjelaskan bahwa perusahaannya akan mendukung upaya pemerintah dalam menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat, khususnya menghadapi potensi resesi global tahun depan.

Baca juga:

Jangan Panik Meski Resesi Ekonomi Global Diprediksi Tiba Lebih Awal

umkm resesi global
WMP menampilkan berbagai varian produk pangan berkualitas tinggi. (Foto: Widodo Makmur Perkasa)

“Sebagai Perusahaan consumer goods and agricultural commodities di Indonesia dengan visi provide food for the nation, PT Widodo Makmur Perkasa Tbk sangat mendukung upaya Pemerintah dan pemangku kepentingan terkait dalam bersinergi dan berkolaborasi untuk mendekatkan produk-produk pangan dan memudahkan akses pangan bagi masyarakat,” ujar Puti dalam rilis yang diterima Merahputih.com.

WMP menampilkan berbagai varian produk pangan berkualitas tinggi. Perusahaan juga membuka ruang interaksi dengan kelompok-kelompok koperasi perempuan maupun UMKM peroangan untuk peluang kolaborasi.

Pemenuhan kebutuhan protein masyarakat Indonesia masih menjadi perhatian banyak kalangan mengingat persentasinya yang relatif masih rendah dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya.

Oleh karena itu, Perusahaan memberikan skema khusus bagi para calon mitra UMKM dan koperasi yang ingin bekerja sama dalam menghadirkan produk-produk protein yang berkualitas bagi masyarakat. (dgs)

Baca juga:

Ketika Terjadi Resesi Ekonomi, Lebih Baik Menabung atau Investasi?

#Resesi Ekonomi #UMKM
Bagikan
Bagikan