UMKM Merdesa berkat Cek Out Tak Gentar Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Ditjen IKP Kominfo RI, Septriana Tangkary berdialog dengan salah seorang pejuang lokal. (MP/Ronggo)

JFLOW perlahan menggoyangkan badan meningkahi musik, meminta tambah keras degumnya, mengajak pengunjung bertepuk tangan, dan tak lama rimanya membabat seluruh bagian lagu nan kali pertama dipentaskan dalam mengusung program gerakan 'Pejuang Lokal. Cek Out Tak Gentar' Blibli.

"Lagu ini buat para pejuang lokal," kata JFlow kepada awak media, Senin (15/8). "Para pejuang lokal punya kualitas buat lokal menuju global cuma tinggal kesempatannya saja. Makanya begitu Blibli bikin campaign ini gue langsung mau. Related banget sama gue."

BACA JUGA:

Apresiasi Kreasi Indonesia Bantu Pelaku Ekraf Merdesa

Gerakan 'Pejuang Lokal Cek Out Tanpa Getar' diusung dalam rangka menyelami makna kemerdekaan.

Di bulan Agustus bertepatan dengan peringatan ke-77 kemerdekaan Indonesia, menurut Chief Marketing Officer Blibli.com Edward Kilian Suwignyo, pihaknya mengajak masyarakat berperan aktif mengisi momen kemerdekaan dengan lebih mencintai produk-produk dalam negeri, sekaligus memberikan perhatian lebih luas terhadap kreasi-kreasi lokal agar kelak mengglobal.

UMKM
Pejuang lokal atau UMKM perlu beroleh dukungan semua pihak. (Foto: Blibli)

Gerakan 'Pejuang Lokal Cek Out Tanpa Getar', lanjutnya, mendorong kebangkitan produk lokal pulih lebih cepat setelah melalui pasang-surut di masa pandemi. Di sisi lain, gerakan tersebut ikut mendukung optimisme pemerintah atas kebangkitan ekonomi rakyat melalui slogan resmi HUT ke-77 RI 'Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat'.

"Kami bangun awareness kepada konsumen agar bangga menggunakan produk lokal, UMKM, karena memang bagus. Saya saja pakai kok dan memang bagus," kata Edward Kilian Suwignyo kepada Merahputih.com.

Membangun awareness konsumen, sambungnya, penting agar ekosistem bangga lokal terus berkelanjutan serta beroleh dukungan penuh masyarakat Indonesia agar paling tuan rumah di negeri sendiri.

UMKM
Pejuang lokal bangkit untuk pulih lebih cepat. (Foto: Blibli)

Berdasarkan laporan "Digitalisasi UMKM: Kunci Pertumbuhan Inklusif Perekonomian Indonesia" disusun bersama Blibli, Litbang Kompas, dan Boston Consulting Group, menaja UMKM sebagai pilar ekonomi nasional berkat kontribusinya terhadap 60% Produk Domestik Bruto (PDB), bahkan 99 persen bisnis di Indonesia merupakan UMKM.

Berdasarkan hasil tersebut pemberdayaan UMKM lantas menjadi kunci penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif karena 84 persen UMKM mampu membuka lapangan pekerjaan dan 77 persen UMKM menyerap tenaga kerja lokal.

BACA JUGA:

Pandji Pragiwaksono Bawa Pesan Penting di Album Merdesa

Di era digital ini, 74 persen UMKM telah mengenal e-commerce, sambung Edward, namun hanya 20 persen UMKM memiliki literasi teknologi cukup untuk mengadopsi channel-channel online dalam menjalankan usaha.

Memahami pentingnya peran UMKM dalam menumbuhkan perekonomian negara, sekaligus menyikapi minimnya literasi digital UMKM, Blibli berkomitmen untuk terus merangkul UMKM ke dalam ekosistem e-commerce Blibli secara komprehensif dan terintegrasi untuk memberikan peluang tumbuh yang berkelanjutan.

UMKM
Chief Marketing Officer Blibli.com Edward Kilian mengajak masyarakat mendukung UMKM. (Foto: Blibli)

Saat ini, terdapat lebih dari 225.000 UMKM produsen terkurasi di dalam platform Blibli, dengan 1,7 juta ragam produk lokal yang tersedia. Pelaku UMKM pun menjadi bagian penting bagi pengembangan strategi omnichannel Blibli, di mana produk mereka telah dipasarkan tak hanya online, tapi juga offline di jaringan Blibli Mitra.

"Kalo dulu e-commerce opsi. Kini didorong pandemi, e-commerce ternyata solusi," kata Edward bernas.

Era digital, menurut Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Ditjen IKP Kominfo RI, Septriana Tangkary, kini jadi bagian tak cuma gaya hidup tapi rutinitas harian masyarakat karena semua lini kehidupan sekarang terkoneksi ke perangkat digital.

"Bahkan bangun tidur aja, orang langsung pegang ponsel. Baru setelah itu cuci muka, makan, dan lainnya," kata Septriana Tangkary. Kegiatan belanja pun telah bergeser dari luring ke daring. Bahkan, lanjut Septriana, nilai ekonomi digital Indonesia tertinggi di Asia Tenggara dengan nilai transaksi di e-commerce pada tahun 2021 mencapai Rp 401,25 triliun.

UMKM
Pejuang lokal butuh lebih banyak dukungan dari semua pihak. (MP/Ronggo)

Secara total, lanjut Septriana, UMKM di Indonesia mencapai 65,4 juta, menyerap 117 tenaga kerja, dan berkontribusi terhadap PDB sebesar Rp 8.573,9 triliun.

"Saya harap dukungan ini bisa memperluas digitalisasi untuk peningkatan skala bisnis UMKM, terutama benar-benar dikreasikan secara lokal untuk mampu bersaing di pasar Indonesia yang begitu dinamis. Karena itulah hingga saat ini pemerintah terus berupaya optimalisasi potensi digitalisasi UMKM sehingga bisa mendongkrak perekonomian nasional," tandas Septriana.(*)

BACA JUGA:

PMO Kopi Nusantara Berambisi Bawa Petani Semakin Merdesa

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
‘Big Subwoofer’ Debut Perdana Supergrup Mt. Westmore
ShowBiz
‘Big Subwoofer’ Debut Perdana Supergrup Mt. Westmore

Mt. Westmore terdiri dari Snoop Dogg, Ice Cube, E-40 dan Too $hort.

Manfaatkan Teknologi, Upgrade Kesehatanmu
Hiburan & Gaya Hidup
Manfaatkan Teknologi, Upgrade Kesehatanmu

Beberapa perangkat seperti jam tangan pintar bisa membantu memantau kesehatan tubuh.

Tidur ala Militer, Lelap dalam 2 menit
Hiburan & Gaya Hidup
Tidur ala Militer, Lelap dalam 2 menit

Kamu perlu memerhatikan tubuhmu secara rileks.

G-Dragon Nongol di Pop-Up Nike Kwondo1
ShowBiz
G-Dragon Nongol di Pop-Up Nike Kwondo1

G-Dragon menyapa beberapa fan serta pelanggan yang datang.

Jual Saham Tesla USD 4 Miliar, Elon Musk Mulai Kehabisan Uang?
ShowBiz
Jual Saham Tesla USD 4 Miliar, Elon Musk Mulai Kehabisan Uang?

Elon Musk masih punya saham Tesla senilai USD 163 miliar.

Persaingan Ketat di Kategori Bergengsi Oscar 2022, Akankah 'CODA' Menangi Film Terbaik
ShowBiz
Persaingan Ketat di Kategori Bergengsi Oscar 2022, Akankah 'CODA' Menangi Film Terbaik

Netflix menjadi yang paling dekat untuk membawa pulang piala paling bergengsi di Akademi.

Cari Tahu Bagaimana Cara Zodiakmu Berpartisipasi dalam Squid Game
Fun
Cari Tahu Bagaimana Cara Zodiakmu Berpartisipasi dalam Squid Game

Setiap zodiak memiliki perpaduan kualitas yang berbeda.

Direktur Game Valorant, Joe Zigler Keluar dari Riot Games
Fun
Direktur Game Valorant, Joe Zigler Keluar dari Riot Games

Sebelum pergi, Ziegler mengungkapkan kalau Andy Ho, direktur senior Valorant, akan mengisi posisinya.

Tim Panahan Indonesia Unjuk Gigi Borong Empat Medali Emas di SEA Games 2021
Hiburan & Gaya Hidup
Rahasia Sederhana Hubungan Awet dan Bahagia
Fun
Rahasia Sederhana Hubungan Awet dan Bahagia

Intinya butuh kerja keras dari kedua belah pihak.