Pemulihan Ekonomi

UMKM Bangkit, Ekonomi Pulih

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 17 Maret 2021
UMKM Bangkit, Ekonomi Pulih
UMKM Indonesia. (Foto: Kementerian Koperasi dan UKM).

MerahPutih.com - Pemerintah memastikan pemberian stimulus melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dapat memulihkan sektor UMKM dari dampak pandemi COVID-19.

"Pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi harus dimulai dari sektor UMKM, sebab sektor ini berkontribusi 61 persen bagi PDB Indonesia," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di laman instagram, Selasa (16/3).

Baca Juga:

Tren Bisnis 2021 yang Bisa Jadi Inspirasi UMKM

Airlangga mengatakan, dukungan stimulus telah diberikan pemerintah untuk penguatan UMKM maupun koperasi melalui subsidi bunga, bantuan produktif usaha mikro dan subsidi imbal jasa penjaminan.

Selain itu, stimulus juga diberikan khususnya untuk 64,2 juta UMKM yang terdampak pandemi berupa penempatan dana kepada bank umum serta insentif pajak untuk restrukturisasi kredit dan dukungan lainnya.

Ia menegaska, Ppmerintah terus mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah, UMKM, untuk terus bangkit.

Realisasi belanja stimulus UMKM untuk program PEN di 2020 mencapai Rp114,81 triliun atau sekitar 96,7 persen dari total anggaran senilai Rp116,32 triliun.

Pada 2021, pemerintah masih mengalokasikan stimulus untuk UMKM bersama dengan korporasi dan BUMN senilai Rp63,84 triliun dalam APBN, meski belum ada rincian mengenai alokasi belanja secara detail.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

Dalam rapat kerja Kementerian Perdagangan, Airlangga juga memaparkan peran UMKM yang sangat sentral dalam menciptakan lapangan kerja maupun meningkatkan kerja ekspor nasional.

Ia memastikan sektor UMKM dapat tumbuh makin pesat melalui pemanfaatan teknologi digital yang saat ini pertumbuhannya sangat pesat di Indonesia dan nilainya berpotensi mencapai 124 miliar dolar AS di 2025.

"Oleh karena itu, untuk tiga tahun ke depan, Pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur digital sekaligus mendorong peningkatan pemahaman masyarakat untuk memastikan layanan digital menjadi inklusif," kata Airlangga dikutip Antara. (*)

Baca Juga:

Kapolri Minta BRI Bantu UMKM, Bangun Rumah dan Asrama Polisi

#UMKM #Pemulihan Ekonomi #Airlangga Hartarto #Ekonomi Indonesia
Bagikan
Bagikan