Umat Katolik Solo Rayakan Paskah di Rumah, Misa Lewat Live Streaming Gereja Katolik Paroki Santo Antonius, Purbayan Jalan Arifin, Solo, Jawa Tengah. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Umat Katolik di Solo, Jawa Tengah merayakan Tri Hari Suci Paskah di rumah masing-masing. Hal tersebut dilakukan seiring status Solo Kejadian Luar Biasa (KLB) virus corona atau Covid-19.

Romo Kevikepan Surakarta, Rm Robertus Budiharyana Pr, mengungkapkan umat Katolik tidak perlu khawatir untuk mengikuti perayaan ibadah Tri Hari Suci. Ketiga hari tesebut, yakni Kamis Putih (9/4), Jumat Agung (10/4), dan Sabtu Paskah (11/4). Selain itu, ada ibadah Minggu Paskah (12/4).

Baca Juga:

Tenaga Medis Positif Corona di DKI Capai 150 Orang dan 2 Meninggal

"Untuk perayan Paskah tahun ini dirayakan di rumah masing-masing karena sedang terjadi wabah Covid-19," ujar Budi, Kamis (9/4).

Penyisiran gereja saat jelang perayaan Natal 2019
Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel meninjau Gereja Paroki Santo Antonius Purbayan, Solo Jawa Tengah saat perayaan Natal. (MP/Ismail)

Romo Budi mengatakan berbagai Keuskupan maupun paroki saat ini telah menyediakan banyak fasilitas untuk memudahkan umat mengikuti peribadatan secara jarak jauh. Kebijakan itu sesuai perintah Keuskupan Agung Semarang, Jakarta, Bali, dan lainnya agar gereja menyediakan ibadah live streaming

"Jadi jemaat tidak perlu khawatir untuk pelaksanaan tata cara peribadatan. Masing-masing gereja juga memberikan bimbingan dalam tata cara ibadah secara online saat perayaan Paskah," kata dia.

Perayaan Paskah dilakukan secara online, lanjut dia, dilakukan sebagai bentuk dan sikap gereja dalam menyikapi wabah Covid-19. Masyarakat bisa memilih saluran mana saja yang menyiarkan peribadatan Tri Haru Suci baik melalui live streaming melalui media sosial (online), radio, maupun televisi nasional.

"Tak ada batasan umat hanya boleh mengikuti siaran misa yang disiarkan dari wilayah masing-masing mengingat semua perayaan ekaristi sama antara satu gereja dengan lainnya," ujarnya.

Baca Juga:

Begini Syarat Pemberlakukan PSBB Bagi Pemerintah Daerah

Ia berharap Paskah kali ini bisa meningkatkan keimanan umat dan menjadi momentum untuk meningkatkan solidaritas sesama umat maupun dengan umat beragama lainnya.(*

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Ratusan Karyawan PHK Akibat COVID-19, Disnakerperin Solo Arahkan ke Program Pra Kerja



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH