Umat Islam di Zona Hijau Boleh Salat Idul Adha di Masjid Atau Lapangan Menteri Agama Fachrul Razi (ANTARA/Syaiful Hakim)

MerahPutih.com - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyampaikan kabar gembira bagi umat Islam menyambut perayaan Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada (31/7) besok. Fachrul menyebut daerah zona hijau penyebaran COVID-19 bisa melaksanakan Salat Idul Adha di lapangan atau masjid

"Salat Idul Adha 1441 Hijriah sudah dapat dilakukan di lapangan atau masjid, kecuali di tempat atau daerah tertentu yang tidak dibolehkan pemerintah daerah atau Gugus Tugas COVID-19 setempat, karena alasan tidak aman COVID-19," kata Fachrul dalam keterangan resmi yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia, Kamis (30/7).

Baca Juga:

Virus Corona Menyebar di Udara, Begini Cara Mengantisipasinya

Fachrul mengingatkan, penerapan protokol kesehatan menjadi hal wajib dilakukan umat ketika daerahnya bisa menggelar Salat Idul Adha di masjid. Umat wajib memakai masker, menjaga jarak, dan meminimalisir bersentuhan ketika beribadah.

"Yakinkan bahwa lingkungan tempat salat aman COVID-19, batasi pintu atau jalan masuk untuk memudahkan pengecekan suhu tubuh jemaah, bawa peralatan salat masing-masing," ujar Fachrul.

Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi . (ANTARA/HO)
Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi . (ANTARA/HO)

Jika memungkinkan, pelaksanaan Salat Idul Adha bisa dilangsungkan dalam waktu singkat. Misalnya imam salat memperpendek bacaan tanpa mengurangi syariat.

Baca Juga:

Kasus Corona Meroket, DPRD Minta Anies Berani Rem Darurat PSBB Transisi

"Pengumpulan infak tanpa bersentuhan dengan kotak sumbangan, dan perpendek pelaksanaan salat dan khotbah tanpa mengurangi syarat dan rukunnya," tutup dia. (Pon)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH