Umat Buddha Pecahkan Rekor Muri Grand Puja Asap dan Ulambana Puluhan ribu umat Buddha menghadiri ritual upacara Puja Asap dan Ulambana di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (9/9). Foto: MP/Fadhli

MerahPutih.com - Puluhan ribu umat Buddha menghadiri ritual upacara Puja Asap dan Ulambana di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (9/9).

Upacara yang dipimpin oleh YM. Passang Rinpoche itu mendapat sambutan hangat dari 10 ribu lebih umat yang memadati Gedung Hall A JIExpo Kemayoran. Bahkan, upacara ini tercatat dalam rekor Museum Rekor Dunia- Indonesia (Muri).

"Pada hari ini, Minggu 9 September 2018, di JIExpo, Kemayoran, Muri telah menyaksikan pencatatan rekor dengan nama rekor persembahan asap dan puja Ulambana peserta terbanyak dengan usulan jumlah 10 ribu peserta," kata Wakil Direktur Muri Osmar Semesta saat memberikan plakat Muri kepada panitia acara.

Puluhan ribu umat Buddha menghadiri ritual upacara Puja Asap dan Ulambana di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (9/9). Foto: MP/Fadhli

Informasi yang dihimpun, umat yang mengikuti upacara Ulambana dan puja asap berasal dari sekitar Jabodetabek dan sekitarnya.

Dikesempatan yang sama, Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI Caliadi mengapresiasi terselenggaranya upacara ini. Dia berharap, kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh umat Buddha Indonesia.

"Pada hari ini tanggal 9 September kita diberikan karma baik sehingga kita bisa berkumpul dalam rangka puja asap dan ulambana. Upacara ini adalah bagian untuk melakukan kebajikan secara universal. Kami memberikan apresiasi kepada panitia semoga harapan kita bersama dapat bermanfaat bagi umat Budha Indonesia," ujarnya.

Sedikit informasi, Ulambana dan Puja Asap adalah pelimpahan jasa melalui Persembahan Asap, dipersembahkan untuk semua makhluk yang tidak kelihatan, kasat mata yang sudah meninggal, Khususnya yang ada hubungan karma dengan yang melaksanakan puja.

Puluhan ribu umat Buddha menghadiri ritual upacara Puja Asap dan Ulambana di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (9/9). Foto: MP/Fadhli

Adapun maksud dan tujuan dari upacara Ulambana adalah sebagai persembahan makanan kepada makhluk-makhluk yang telah meninggal dunia dan menolong mereka agar makhluk-makhluk tersebut dapat memperoleh makanan yang telah diberkahi dan tumimbal lahir di alam yang lebih baik lagi (bahagia). (fdi)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH