Ulangi Kesuksesan Pilwalkot Solo 2005, Anak Wali Kota Solo Bakal Duet Dengan Gibran Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Kesuksesan pasangan Joko Widodo-FX Hadi Rudyatmo (Jokowi-Rudy) pada Pilwalkot Solo 2005 kini coba diulangi kembali dengan menyandingkan anak-anak keduanya dalam Pilwalkot Solo 2020.

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka salah satu anak muda potensial yang digadang-gadang bakal maju sebagai cawali di Pilwakot Solo. Sosok yang pantas mendampingi Gibran adalah putra kedua Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan Ketua DPC PDIP Solo, Andreas Rheo Yuliana Fernandez.

Baca Juga:

Nekat Maju Jalur Independen, Ketua DPC PDIP Solo Ancam Cabut KTA Putra Sulung Jokowi

Pasangan Gibran-Rheo seolah ini bernuansa nostalgia, mengingat kedua orang tua mereka, Jokowi-Rudy pernah berduet dan memenangi Pilwakot Solo pada 2005 dan 2010 atau dua periode.

Menanggapi adanya duet Gibran-Rheo, Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo tidak terlalu antusias dan menyebut anaknya lebih punya etika dalam berpolitik sebagai kader PDIP Solo.

Gibran saat menerima KTA PDIP di Solo
Gibran Rakabuming membuat KTA PDIP sebagai syarat maju Pilwakot Solo, Jawa Tengah, Senin (23/9). (MP/Ismail)

"Dia (Rheo) itu orangnya idealis yang kuat. Jadi tidak mau dicalonkan, terlebih saya masih menjabat Wali Kota Solo jadi tidak mau disebut membangun dinasti politik di Solo," ujar Rudy sapaan akrabnya, Senin (14/10).

Ia mencontohkan anaknya tersebut punya tiga kali kesempatan maju sebagai caleg di DPRD Solo pada Pemilu 2009, 2014, dan 2019. Namun, kesempatan itu tidak diambil dengan alasan tidak ingin ada kesan aji mumpung dan sarat akan dinasti politik.

"Dia (Rheo) baru mau berfikir menjadi legislator di Pileg setelah ayahnya sudah tidak lagi menjabat Wali Kota Solo.

Disinggung mengenai memori 2005 lalu, Rudy menilai kondisi Gibran-Rheo berbeda dengan Jokowi-Rudy pada saat itu. Rudy menilai Rheo masih belum kuat untuk diusung maju dalam Pilkada 2020 mendatang.

Pegiat Forum Muda Visioner Solo dukung duet anak Wali Kota Solo dengan Gibran Rakabuming
Pegiat Forum Muda Visioner, Guntur Wahyu Nugroho, Senin (14/10). (MP/Ismail)

"Putranya yang saat ini menjabat Wakil Ketua PAC PDIP Jebres bukan orang yang mengincar jabatan. Melainkan orang yang mengalir pada aturan partai," kata dia.

Baca Juga:

Eks Caleg DPR Perindo Siap Dampingi Gibran di Pilwakot Solo Lewat Jalur Independen

Pegiat Forum Muda Visioner, Guntur Wahyu Nugroho mengungkapkan sebagai barisan pendukung Gibran di Pilwakot Solo mengapresiasi munculnya duet Gibran-Rheo. Kedua pasangan ini sama-sama punya garis partai dari PDIP dari darah orang tuanya dan masuk kategori muda.

"Munculnya duet Gibran-Rheo menunjukkan Solo punya calon pemimpin muda potensial untuk membangun Solo kedepan. Kami mengapresiasi kalau duet ini benar terwujud di Pilwakot Solo 2020," tutup Guntur.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Eks Relawan Prabowo-Sandi Yakin Gibran Maju Pilwalkot Karena Dorongan Jokowi



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH