Headline

Ulang Tahun Provinsi Jambi Ke-61, Zumi Zola Sapa Suku Anak Dalam

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 07 Januari 2018
Ulang Tahun Provinsi Jambi Ke-61, Zumi Zola Sapa Suku Anak Dalam
Gubernur Jambi Zumi Zola bersama anak dari Suku Anak Dalam (Foto: MP/Aldus K)

MerahPutih.Com - Provinsi Jambi hari Sabtu (6/1) merayakan ulang tahun yang ke-61. Beragam kegiatan dan acara yang terselenggara demi memeriahkan HUT Provinsi Jambi. Salah satu rangkaian yang menyedot perhatian warga adalah Expo Jambi 2018.

Di sela-sela Expo Jambi yang memamerkan beragam kekayaan, produk unggulan dan inovasi dari sejumlah kabupaten itu, Gubernur Jambi Zumi Zola menyapa secara khusus Suku Anak Dalam. Zumi Zola bahkan sempat berfoto bersama dengan salah seorang anak dari Suku Anak Dalam.

Bocah bernama Santo (15) duduk di stand Dinas Pariwisata Jambi. Ia tampak tersenyum dihampir Sang Gubernur.

Sebagaimana diketahui, Expo Jambi 2018 rencananya akan berlangsung hingga 11 Januari mendatang.

Dalam pembukaan Jambi Expo yang bertepatan dengan HUT Provinsi Jambi yang ke-61, Zumi Zola hadir didampingi Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono, Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston, Ketua Dekranasda Jambi Sherrin Tharia Zola, Ketua BKOW Jambi Rahima Fachrori, Sekda Jambi M Dianto dan Kepala OPD.

Zumi Zola kunjungi Expo Jambi 2018
Gubernur Zola tinjau Expo Jambi 2018 (Foto: MP/Aldus K)

Gubernur Zola menyatakan Expo Jambi bertujuan agar masyaraka dapat melihat langsung kemajuan pembangunan di Provinsi Jambi.

"Pameran ini sengaja dibuat dan dipersiapkan dengan maksimal,untuk memamerkan produk-produk khas keunggulan dari baik itu 11 kabupaten kota maupun juga dari dinas/instansi. Sengaja saya buat ini harus bagus,harus maksimal karena nanti akan ada kompetisi isi yang paling bagus, " ujar Gubernur Zumi Zola.

Zumi Zola berharap pameran tersebut menjadi refleksi tentang informasi pembangunan di Jambi.

"Tapi saya berharap jangan sampai ada stand-stand hanya berisi foto saja tetapi apa yang bisa dibeli apa yang bisa ditawarkan kepada masyarakat ini sampai tanggal 11 dilaksanakan. Saya mengundang seluruh masyarakat Jambi terutama hari ini dan besok untuk datang melihat perkembangan di provinsi Jambi banyak yang bisa dibeli, ada juga Suku Anak Dalam salah satunya memiliki kerajinan tangan, “ papar Gubernur Zola.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Dirjen Otda Kemendagri Soni Sumarsono menyatakan inti dari expose tersebut sebenarnya adalah menunjukkan kinerja secara nyata di lapangan dalam konteks produksinya.

Zumi Zola bersama Dirjen Otda Kemendagri Soni Sumarsono
Gubernur Jambi Zumi Zola bersama Dirjen Otda Kemendagri Soni Sumarsono (Foto: MP/Aldus K)

"Saya melihat bahwa pameran ini sangat bagus dalam arti kata pameran ini adalah refleksi dari pembangunan banyak inovatif, kreasi luar biasa yang menjadi unggulan Jambi, dan hal ini jika kita olah akan banyak mendatangkan investor. Ini luar biasa,saya apresiasi sekali dan harapan saya tahun depan akan lebih baik lagi, " ujar Sumarsono.

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Sherrin Tharia Zola menyatakan bahwa dilihat dari pameran ini UMKM dari 11 kabupaten kota sudah sangat berkembang dengan baik dengan diadakannya pameran ini diharapkan kabupaten kota dapat terus belajar dan saling berbagi mengenai kemajuan-kemajuan yang ada di setiap kabupaten kota.

“Melihat pameran ini kita dapat katakan bahwa Provinsi Jambi dengan 11 kabupaten/ kota telah memiliki perkembangan yang sangat baik terutama dari produk UMKM, pertanian serta produk lainnya sangat membanggakan. Sekiranya setiap kabupaten /kota dapat saling berbagi bertukar pikiran dan informasi terkait produk yang dihasilkan, misalnya dari cara pengembangan produk dan pengemasan,serta pemasaran," ujarnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Aldus K, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jambi dan sekitarnya.

#Provinsi Jambi #Zumi Zola #Suku Anak Dalam
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan