Ulang Tahun Ke-60, Ini 5 Fakta Kece Sega Genesis Fakta keren dari Sega Genesis untuk rayakan ulang tahun ke 60 (Foto: Game Rant)

TIDAK terasa 60 tahun telah dilalui Sega untuk berikan pelayanan bermain game terbaik di dunia. Banyak sekali konsol dan game yang mengikat kenangan kawula 90-an dengan esensi 16-bit yang mutakhir di zamannya, Meskipun Sega menutup produksi konsol sejak tahun 2001 karena faktor finansial yang menimpanya.

Sega Genesis ialah konsol yang banyak sekali dimainkan oleh para gamer di Indonesia sebelum Game Gear, versi portable dari Sega. Berbagai game kece hadir di Sega Genesis seperti Sonic the Hedgehog, Outrun, dan Michael Jackson Moonwalker. Melansir laman Uproxx, Sege Genesis memiliki lima fakta menarik, misalnya:

Baca juga:

Sekuel Sonic the Hedgehog akan Diumumkan setelah COVID-19 Usai

1. Sega Genesis adalah konsol ketiga

Sega Master System, konsol untuk menyaingi Nintendo Famicom (Foto: Pinterest/America Quebec)

Dikarenakan Sega Genesis adalah konsol pertama besutan Sega yang dirilis di Indonesia, patut disayangkan bila para gamer belum mengenal konsol pendahulunya. Sebelum Sega Genesis, Sega merilis dua konsol untuk melawan Nintendo Famicom dan Nintendo Emulation System, yakni Sega SG-1000 dan Sega Master System.

Kedua konsol pendahulunya tersebut mengusung mesin 8-bit yang kece pada zamannya. Akan tetapi konsol tersebut dijual dengan harga yang terbilang mahal di zamannya, membuat dua konsol pendahulunya tidak cocok untuk dimasukkan ke Indonesia.

2. Nama Sega Genesis di Korea Selatan

Sega Game Boy, nama yang dipakai untuk Sega Genesis di Korea Selatan (Foto: Stalking the Retro)

Pada sekitar akhir tahun 80-an, negara Jepang dan Korea Selatan memang saling bersaing untuk merilis teknologi ke pasar global. Maka dari itu, beberapa produk Jepang yang dirilis ke Korea Selatan diberi nama yang berbeda.

Super Game Boy adalah nama yang digunakan untuk produk Sega Genesis di Korea Selatan. Ini membuat konsol tersebut memiliki nama sama dengan handheld besutan Nintendo. Konsol Sega Genesis yang dirilis ke Korea Selatan juga dialih nama developer menjadi Samsung.

3. Sega Genesis bisa dimainkan secara online

Sega Genesis bisa dimainkan secara online (Foto: Replayers)

Tentu pemain pada tahun 1990 dapat menggunakan koneksi dial-up demi browsing dan mengunduh puluhan game Sega melalui internet. Bertajuk Sega Meganet, kamu bisa mengunduh 25 game Sega dan mainkan secara online. Sayangnya fitur ini hanya bisa digunakan di Jepang saja.

Sega Meganet juga dirilis di Amerika dengan servis yang sama, dengan fitur tambahan untuk menggunakan fitur bank untuk mentransfer dana ke nasabah. Servis tersebut hanya bertahan selama beberapa bulan saja karena harga servis yang mahal, dan peminatnya tidak banyak.

Baca juga:

5 Rekomendasi Gim 'Sonic the Hedgehog' yang Wajib Kamu Mainkan!

4. Sega Genesis memiliki berbagai model

Sega Genesis hadir dengan tiga model dengan fitur berbeda (Foto: RetroRGB)

Sega Genesis memiliki tiga model dengan fitur beragam. Dari Sega Model 1 yang mengusung port RF untuk TV lawas, dengan kabel audio yang terpisah, Sega Model 2 yang memiliki bentuk yang lebih sederhana, dengan port AV yang tergabung dengan audio, hingga Sega Model 3 dengan bentuknya yang lebih ramping.

Di Indonesia, kamu akan lebih banyak menemukan Sega Model 2 dibandingkan model yang lain Soalnya bentuknya yang sederhana dan mudah untuk dimodifikasi. Model ini sengaja diusung agar pemain dapat menggunakan kartrid bajakan yang dibanderol dengan harga kompetitif.

5. Game Sega Genesis masih diproduksi di tahun 2019

Hingga tahun 2019, Sega Genesis masih disayangi oleh beberapa developer game homebrew. Game yang dirilis di tahun tersebut ialah Ultracore, Vixen 357, Tanglewood, dan Xeno Crisis. Jika tidak mengenal game tersebut, Sega Genesis juga kedapatan game dari film Wreck-It Ralph, yakni Fix It Felix pada tahun 2014.

Meski ditinggal dengan waktu yang cukup lama, game dan konsol Sega Genesis tidak pernah terlihat usang hingga tahun 2020 ini. Kualitas dan nostalgia yang terbentuk tak akan pernah lepas hingga sekarang, dan bahkan perusahaan Sega tetap merilis game ke konsol lain dengan kualitas grafik yang lebih kece. Selamat ulang tahun Sega! (dnz)

Baca juga:

Gamers! 4 Game Ciamik ini Bakal Hadir di PlayStation 5


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH