Ulang Tahun Ke-51 Basarnas, Jokowi: Terima Kasih Atas Dedikasinya

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 16 Februari 2023
Ulang Tahun Ke-51 Basarnas, Jokowi: Terima Kasih Atas Dedikasinya
Presiden Jokowi memberikan sambutan Raker Basarnas di Kantor Pusat Basarnas Jakarta, Kamis (16/2/2023) ANTARA/Mentari Dwi Gayati

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-51 kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Ucapan itu disampaikan Jokowi dalam pidatonya saat membuka Rapat Kerja Basarnas dan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Nasional tahun 2023 di Gedung Basarnas, Jakarta, Kamis (16/2).

"Selamat ulang tahun ke-51 kepada keluarga Basarnas. Terima kasih dedikasinya atas setiap operasi pencarian dan pertolongan," kata Jokowi.

Baca Juga:

Jokowi Ingatkan Frekuensi Bencana di Indonesia Meningkat 81 Persen

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengingatkan frekuensi bencana di Indonesia mengalami peningkatan yang drastis hingga mencapai 81 persen.

"Dari yang sebelumnya 2010 sebanyak 1.945, kemudian 2022 kemarin 3.542 kenaikannya sekali lagi dalam 12 tahun ini 81 persen," ujarnya.

Baca Juga:

Dubes RI Untuk Turki Bekerja di Wilayah Bencana

Jokowi berharap tidak ada bencana dan kecelakaan besar yang terjadi sekarang ini. Di sisi lain, Jokowi mengapresiasi kerja Basarnas yang sigap dalam merespons bencana.

Adapun beberapa bencana yang terjadi antara lain, kecelakaan pesawat Air Asia pada 2014, Sriwijaya SJ 182 di Kepulauan Seribu, Lion Air JT610 di perairan Karawang pada 2018 dan juga Kapal Motor Sinar Bangun di Toba pada 2018.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku mengikuti dan beberapa kali melihat langsung kecepatan jajaran Basarnas dalam merespons bencana tersebut.

"Respons dari Basarnas saya harus menyampaikan apa adanya sangat cepat," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga:

Korban Tambah Banyak, Pelatihan Penanggulangan Kebencanaan Harus Ditingkatkan

#Basarnas #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan