Game

Ulang Tahun Ke-25, Gran Turismo Keluarkan Video Nostalgia

Andrew FrancoisAndrew Francois - Sabtu, 24 Desember 2022
Ulang Tahun Ke-25, Gran Turismo Keluarkan Video Nostalgia
Pertama kali meluncur pada 1997. (Foto: YouTube/GRAN TURISMO TV)

ENTRI pertama dari waralaba video game (permainan video) Gran Turismo mulai masuk pada tanggal 23 Desember 1997. Penjualan pertamanya mengambil tempat di Jepang. Kemudian, hingga 16 November 2022, Gran Turismo berhasil secara kumulatif menjual sebanyak 90 juta eksemplar dari berbagai judul-judul yang sudah pernah mereka ciptakan.

Tingginya angka itu menandakan Gran Turismo memiliki begitu banyak penggemar di seluruh dunia itu. Maka untuk menandai perjalanan panjang dan perayaan ulang tahun ke-25, pengembang Polyphony Digital mengeluarkan video yang menampilkan evolusi perjalanan game balap mobil tersebut selama bertahun-tahun.

Pencipta Gran Turismo, Kazunori Yamauchi, juga mengunggah pernyataan tentang pencapaian game besutannya itu melalui laman blog PlayStation. Ketika dirinya bergabung dengan Sony, Yamauchi telah menjadi bagian dari klub produksi film sejak dirinya masih berusia 14 tahun.

Baca juga:

'Gran Turismo' X Dior Hadirkan Fashion Item Spesial

Ia ingin bekerja di divisi produk gambar perusahaan, tapi bisnis tersebut menugaskannya ke departemen yang membuat konsol PlayStation asli. Ia mengatakan, meski awal perjalanan kariernya tidak seperti yang ia harap atau inginkan, ia tetap merasa beruntung atas segala capaian yang telah diraih.

Dahulu, pengembangan Gran Turismo dimulai oleh dirinya, dua seniman paruh waktu, dan tiga insinyur. Hari ini, Polyphony Digital sudha memiliki lebih dari 200 orang karyawan. Anggota pendiri tim juga masih bekerja sama dengan perusahaan tersebut hingga kini.

Setelah Gran Turismo asli diluncurkan di Jepang pertama kali pada 1997, orang-orang di seluruh dunia harus menunggu beberapa bulan untuk dapat membeli dan memainkan game tersebut. Game itu mulai dijual di Eropa pada 8 Mei 1998 lalu. Sementara, Amerika Utara mulai mendapatkannya pada 12 Mei 1998.

Baca juga:

Respons Keluhan, Gran Turismo 7 Rilis Pembaruan dan Kompensasi

Gran Turismo terkenal akan kualitas gambar nan realistis. (Foto: Gran Turismo)

Judul itu menjadi hit besar dengan sekitar 10,85 juta kopi yang terjual di seluruh dunia saat itu. Angka penjualannya tak pernah surut hingga Gran Turismo 7, game terbaru yang diciptakan waralaba itu. Game tersebut meluncur di konsol PlayStation 4 dan 5 pada 4 Maret 2022.

Sejak itu, Polyphony Digital mendukung judul tersebut dengan pembaruan bulanan yang berlangsung secara konsisten. Pembaruan yang mereka berikan pada game itu antara lain mobil-mobil baru, trek, latar belakang foto, dan sejumlah fitur lainnya. (waf)

Baca juga:

Rilis Update, Gim Gran Turismo 7 Hadirkan Mobil F1 McLaren MP4/4 Senna-Prost

#Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan