Ulama yang Ingin Ubah Pancasila Tak Layak Tinggal di Bumi Indonesia Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Syamsuddin Haris. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Syamsuddin Haris menilai, ulama yang berkeinginan mengubah Pancasila sebagai dasar negara tak layak hidup di bumi Indonesia.

"Artinya aneh, kalau ada ulama yang ingin ubah Pancasila. Mestinya tidak layak untuk berdiam di bumi Indonesia," kata Haris usai Dialog Kebangsaan di Auditorium Utama LIPI, Jakarta Selatan, Selasa (15/8).

Menurut Haris, sebagai sebuah bangsa Indonesia sudah memiliki komitmen untuk menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara. Sehingga, setiap warga negara harus tunduk pada komitmen itu.

"Dengan demikian, kita mesti tunduk pada komitmen itu. Kalau kemudian berubah, tentu bukan Indonesia lagi namanya," kata dosen Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Nasional (UNAS) ini.

Syamsuddin berharap, agar para ulama yang berniat mengubah Pancasila sebagai dasar negara segera insyaf.

"Mudah-mudahan, sih ulama-ulama yang hendak mengubah Pancasila itu, ya segera insyaf," kata dia.

Sebelumnya, Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku heran kalau ada orang-orang yang mengaku ulama tetapi ingin mengubah pancasila.

Hal tersebut diungkapkan Gatot saat Tausiah Kebangsaan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72 di kawasan Bundaran Tugu Muda Semarang, Senin (14/8) malam.

"Alangkah anehnya kalau sekarang muncul ulama dengan pakaian ulama, tetapi ingin mengubah Pancasila. Pasti bukan ulama Indonesia," kata Jenderal Gatot seperti dilansir Antara.

Panglima menduga, 'ulama' tersebut merupakan orang Indonesia yang pura-pura berpakaian ulama, membohongi rakyat, dibayar untuk merusak rakyat.

Ia menyatakan aneh kalau ada ulama yang ingin mengubah Pancasila, karena justru ulama yang merumuskan dan menyusun landasan berdirinya NKRI.

"Ulama sudah mempersatukan, menyatukan, berjuang, dan menyiapkan landasan," tandasnya. (Pon)

Baca berita terkait HUT RI lainnya di: Jelang HUT RI Ke-72, Pelindo 1 Gelar Festival Kuliner Di Medan


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH