Ulama-Ulama yang Diprediksi Absen di Reuni Alumni 212

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 29 November 2018
Ulama-Ulama yang Diprediksi Absen di Reuni Alumni 212
Panitia Reuni Akbar Alumni 212 di Monas, Jakarta (MP/Fadhli)

Merahputih.com - Panitia reuni alumni 212 mengklaim empat juta peserta akan membanjiri kawasan Monas Jakarta untuk meramaikan acara tersebut.

Penanggungjawab acara reuni alumni 212 Slamet Maarif mengatakan, meski mendapat hadangan di beberapa daerah, namun dia tetap meyakini bahwa jumlah peserta reuni tidak akan berkurang drastis.

"Kami prediksi sekitar 4 juta, syukur-syukur lebih," ujarnya saat jumpa pers di Gedung DDII Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (28/11).

Diakuinya, dari jutaan tamu undangan itu, ada nama-nama pejabat tinggi negara yang akan turut hadir. Di antaranya yang telah terkonfirmasi adalah Fahri Hamzah, Fadli Zon, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan masih banyak lagi.

Panitia Reuni Akbar Alumni 212
Panitia Reuni Akbar Alumni 212 di Monas, Jakarta (MP/Fadhli)

Sayangnya, pada acara ini ada sejumlah ulama yang belum terkonfirmasi hadir pada hari H kegiatan. Para ulama ini merupakan pendorong aksi bela Islam 2016 lalu. Di antaranya adalah Kiai Ma'ruf Amin dan Yusuf Mansur.

"Itu hak mereka (tidak hadir), yang kuliah aja bisa mundur, bisa. perpecahan? Kita tidak menyebut perpecahan, tapi ada proses penyaringan yang sedang berlangsung mana yang Istiqomah di bawah komando Habib Rizieq mana yang pindah perahu ini proses penyaringan saja dan kita akan lihat mana yang tersaring kita akan lihat besok saat reuni," kata Slamet.

Kiai Ma'ruf Amin

Kiai Ma'ruf Amin diprediksi tidak akan menghadiri reuni alumni 212 tahun ini dikarenakan kesibukannya sebagai Cawapres pendamping Jokowi di Pilpres mendatang.

Kiai Ma'ruf memiliki peran penting menggerakkan massa aksi bela Islam 2016 lalu. Ma'ruf Amin sebagai Ketua MUI disebut-sebut merupakan aktor utama dibalik aksi bela Islam yang kemudian dilabeli alumni 212.

KH Ma'ruf Amin saat berkunjung ke Ponpes Al-Muayyad, Solo (MP/Win)

Namun belakangan, mantan Rais Aam PBNU itu tidak mau lagi dilibatkan dalam kegiatan reuni 212 setelah terpilih menjadi Cawapres Jokowi. Bahkan, Kiai Ma'ruf dengan tegas mengatakan bahwa alumni 212 sudah selesai.

"Kiai Ma'ruf kita undang, sebagai Ketua MUI, datang gak datang? Itu hak beliau," kata Slamet Ma'arif.

Ustaz Yusuf Mansur

Yusuf Mansur diprediksi juga tidak akan menghadiri reuni 212 tahun ini dikarenakan kedekatannya dengan Kiai Ma'ruf Amin.

Ulama Betawi ini merupakan salah satu magnet penggerak massa aksi bala Islam. Meski secara konkrit tidak mengepush santrinya untuk ikut aksi, tetapi perannya dalam menggalang dana untuk membantu logistik cukup membuktikan beliau turut andil dalam aksi 212.

Ustaz Yusuf Mansur (@ustd.yusufmansur)

Namun kedekatannya dengan Kiai Ma'ruf Amin diduga turut memberi pengaruh terkait sikapnya terhadap kegiatan reuni 212 nanti.

"Semua kita undang, Ustaz Bachtiar Nasir, Arifin Ilham, Abdul Somad, AA Gym termasuk Yusuf Mansur. Bachtiar Nasir sudah konfirmasi datang, Arifin Ilham, AA Gym mendukung mendoakan kita. Siapa bilang kita pecah? Gak, meraka dukung kita. Ustaz Yusuf Mansur? Kita lihat saja nanti," kata Slamet Ma'arif. (fdi)

#Reuni 212
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan