Ulama Sejatim Demo Tolak Perppu Ormas Demo Forum Komunikasi Ulama Aswaja Jawa Timur di depan gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura Surabaya, (11/8). (MP/Budi Lentera)

MerahPutih.com - Sekitar 1.000 umat Islam yang mengatasnamakan Forum Komunikasi Ulama Aswaja Jawa Timur hari ini menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura Surabaya, (11/8).

Aksi umat dari berbagai daerah di Jawa Timur tersebut menuntut beberapa item, di antaranya adalah menolak Perppu Ormas yang dianggap telah mengancam dakwah Islam.

"Dengan adanya perppu tersebut, seakan akan mempersempit ruang gerak Islam dalam berdakwah. Sepetinya, Islam itu seolah-olah dihancurkan seperti PKI," kata salah satu pendemo Ustad Choirul.

Ustad Choirul menilai bahwa Perppu Ormas merupakan rencana pemerintahan Jokowi menuju rezim diktator. Sebab, Perppu Ormas telah menutup jalan diskusi dan pembelaan bagi pihak yang dituduh oleh pemerintah secara subjektif tanpa proses pengadilan.

"Dari dulu ulama punya peran penting terhadap negara ini. Tapi kenapa sekarang ini ulama didiskriminasikan? Ulama seharusnya dilindungi," lanjutnya.

Diketahui, selain melaukan orasi bergantian, massa juga membentangkan spanduk-spanduk dan berdiri di sepanjang jalan Indrapura Surabaya.

Saking panasnya, massa pun menyiapkan posko kesehatan di depan Masjid Kemayoran Surabaya.

Meski aksi ini membelakangi gedung DPRD Jawa Timur dan menghadap ke Masjid Kemayoran, namun puluhan personel tetap disiagakan di halaman Gedung DPRD Jawa Timur. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Budi Lentera, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Wapres Jusuf Kalla: Perppu Ormas Bukan Berarti Diktator Atau Otoriter


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE