Ulama Dituntut Nasihati Masyarakat Ikuti Arahan Pemerintah Tangani Corona

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 23 Maret 2020
Ulama Dituntut Nasihati Masyarakat Ikuti Arahan Pemerintah Tangani Corona
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (ANTARA/Fransiska Ninditya)

Merahputih.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendatangi Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memantau langsung penanganan virus corona.

Pada kesempatan tersebut, Ma'ruf mengajak gubernur dan gugus tugas di daerah serta para ulama, pemimpin agama supaya mentaati seruan pemerintah. Apalagi sudah ada fatwa Majelis Ulama untuk tidak menyelenggarakan pertemuan-pertemuan atau perkumpulan-perkumpulan.\

Baca Juga:

Pengamat: Jangan Dengar Provokasi Anies yang Menyesatkan Tentang Corona!

"Bahkan juga seharusnya para tokoh para ulama menjaga ikut memasyarakatkan ikut memberikan tuntunan nasihat kepada masyarakat kepada umat untuk ikut mematuhi seruan-seruan pemerintah," kata Ma'ruf kepada wartawan, Senin (23/3).

Fatwa ini menjadi penting supaya semua pihak ikut bersama-sama bergerak sesuai dengan arah dan gerakan yang dilakukan oleh pemerintah baik nasional maupun daerah.

Ia juga meminta Majelis Ulama untuk mengeluarkan fatwa boleh untuk tidak melakukan salat berjamaah jika terjadi situasi yang cukup mengkhawatirkan.

"Seperti Jakarta dan kawasan tertentu tentu sudah dibuatkan fatwanya oleh Majelis Ulama," jelas Ma'ruf.

Penanganan pasien virus corona . (Antaranews)
Penanganan pasien virus corona . (Antaranews)

Ma'ruf juga meminta para ulama dan pemimpin agama di daerah ikut aktif. Dia berharap mereka dapat memberikan sosialisasi ke umat mengenai pencegahan penularan virus ini.

"Saya juga meminta kemarin Majelis Ulama untuk mengeluarkan fatwa kebolehan untuk tidak melakukan salat jemaah dan kalau terjadi situasi yang cukup mengkhawatirkan seperti Jakarta misalnya dan untuk kawasan tertentu tentu sudah dibuatkan fatwanya oleh Majelis Ulama," kata Ma'ruf.

Baca Juga:

Pemprov DKI: RSUD Pasar Minggu Rawat 4 Pasien Suspect Corona

Ma'ruf juga mengaku mendapatkan penjelasan dari Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona terkait dengan kesiapan. Para kepala daerah perlu untuk aktif menyerukan instruksi pemerintah dalam penanganan hal itu.

"Nah yang penting sekarang adalah mendorong gugus tugas di provinsi yang diketuai oleh gubernur bekerja untuk memberikan pertama tentu pencegahan berkembangnya penularan itu melalui sosialisasi tentang social distance atau jaga jarak sehingga masyarakat bisa memahami bahwa bahaya Corona ini kalau kita tidak bisa menjaga jarak, itu ke daerah itu," imbuh Ma'ruf. (Knu)

#Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona
Bagikan
Bagikan