Ujian CPNS Sulawesi Selatan Terpusat di Celebes Convention Centre

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 13 Juli 2021
Ujian CPNS Sulawesi Selatan Terpusat di Celebes Convention Centre
Ujian CPNS. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Peserta CPNS 10 kabupaten/kota dan provinsi dijadwalkan akan menggelar tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Ujian tersebut di pusatkan di CCC (Celebes Convention Centre).

Kabupaten/kota tersebut yakni Kota Makassar, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Pangkep, Wajo, Bone, Barru dan Sinjai.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Selatan Imran Jausi menyebutkan CCC akan menampung peserta ujian dengan jumlah unit komputer sama yakni 500-600 orang pada setiap sesi dengan durasi sekitar 2 jam. Sehingga dimungkinkan setiap hari (Senin-Kamis) terdiri dari tiga sesi, sedangkan Jumat hanya tersedia dua sesi.

Baca Juga:

2 Persen Lowongan CPNS dan PPPK Khusus Pendaftar Disabilitas

Pada tahun ini, diprediksi peserta CPNS dari 10 daerah yang akan menggunakan CCC sebanyak 40.000 hingga 50.000 orang, termasuk untuk pelamar formasi Pemprov Sulsel sehingga penggunaan ruangan juga diprediksi akan digunakan sekitar 25 hari lamanya.

"Sistem ini juga akan memudahkan pihak Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dalam melakukan pengawasan terhadap proses jalannya ujian. Tidak lagi keliling ke daerah-daerah," kata Imran.

Berada di masa pandemi COVID-19, Imran mengemukakan, pihaknya telah menggelar rapat bersama pihak BKN, pemerintah daerah dan sejumlah pihak terkait penggunaan gedung. Semua pihak telah menyepakati beberapa skema protokol kesehatan sesuai standar BKN untuk pelaksanaan ujian CAT.

Ujian CPNS. (Foto: Antara)
Ujian CPNS. (Foto: Antara)

"Kita akan menggunakan protokol kesehatan sesuai yang ditentukan dari BKN, telah meminta izin ke Satgas COVID-19 di Makassar," ujarnya.

Sementara kuota peserta ujian, lanjut Imran, juga sesuai dengan kapasitas CCC yang telah dikurangi hingga 50 persen dari total kapasitas CCC yang bisa menampung 1000 unit komputer.

Imran menyampaikan bahwa penyewaan gedung milik Pemprov Sulsel untuk digunakan ujian CAT CPNS akan menambah pendapatan asli daerah (PAD) dengan nominal Rp 50.000 per orang sesuai standar BKN. (*)

Baca Juga:

Siapkan Lamaran! Menteri Luhut Cari 77 CPNS

#Penerimaan CPNS #Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) #Aparatur Sipil Negara (ASN) #PNS
Bagikan
Bagikan