Uji Nyali di Jalanan Paling Berbahaya Benua Asia Meski punya pemandangan indah, beberapa jalan di Benua Asia jadi jalur maut. (foto: scroll doll)

PEMBANGGUNAN jalan pertama kali dilakukan orang-orang Romawi. Mereka dianggap sebagai bagian penting bagi kehidupan saat ini karena telah mengubah cara untuk berpindah dari suatu tempat dengan cepat.

Sejak saat itu, jalan sudah berevolusi menjadi jalan raya hingga jalanan yang memiliki medan sangat sulit untuk dilalui. Jalanan yang memiliki medan sulit bisa ditemui di seluruh dunia. Kurangnya dana atau kondisi geografis yang ekstrem bisa jadi penyebabnya. Berikut 5 jalanan paling berbahaya di Benua Asia, seperti dilansir laman Hot Cars.

BACA JUGA: Awalnya Terlupakan, Kini Jadi Tempat Wisata 'Hits'

1. Zoji La Pass - India

zoji La Pass
Saat musim dingin, jalan ini ditutup. (foto: daily motion)

Zoji La merupakan jalan yang menghubungkan Ladakh dan Kashmir. Jalan ini jadi penghubung pegunungan Himalaya Barat dan Srinagar.

Dengan permukaan yang tidak rata, bahkan ketika musim dingin jalanan ini diblokir selama berbulan-bulan, Zoji La jadi jalur berbahaya. Untuk melewati jalan ini, kamu disarankan menggunakan kendaraan yang sudah memiliki fitur all wheel drive. Selain itu, kemampuan mengemudi kamu juga haruslah sangat baik.

2. Guoliang Tunnel Road - Tiongkok

guoliang Tunnel
Pemandangan indah di jalur mengerikan. (foto: charismatic planet)

Guoliang Tunnel dibuat secara manual menggunakan tenaga manusia. Butuh kurang lebih 4.000 palu dan 12 ton baja untuk mewujudkan terowongan ini. Guoliang Tunnel Road selesai dibangun dalam waktu lima tahun.

Meskipun jalanan ini sangat mengerikan, ketika melewatinya, kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat indah.

BACA JUGA: Mengulas Keindahan Dataran Tinggi Dieng

3. Karakoram Highway - Pakistan

karakoram highway
Jalur mengerikan penghubung dua negara. (foto: mix)

Menghubungkan antara Pakistan dan Tiongkok, Karakarom merupakan jalanan yang memiliki sejarah menarik. Jalan ini merupakan jalan raya beraspal terbesar di dunia dan menjadi simbol ikatan diplomatik antarkedua negara.

Untuk membuat jalan raya ini, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dua puluh tujuh tahun. Pembuatan dimulai pada 1959 hingga 1986. Jalanan ini dianggap sulit karena memiliki tanjakan dengan jalur yang sangat sempit, bahkan salah satu roda mobil harus tergantung saat melewatinya.

4. Jalan dari Jalalabad ke Kabul - Afghanistan

jalan jalalabad-kabul
Jalur pengungsi membelah pegunungan. (foto: reddit)

Untuk berpindah dari Jalalabad ke Kabul, orang-orang harus melewati pegunungan Afghanistan. Sebuah jalan dibuat membelah pegunungan tersebut. Jalan itu menjadi jalur utama bagi para pengungsi.

Karena melewati pegunungan, jalan ini jadi salah satu yang paling berbahaya di dunia. Banyak sekali kecelakaan fatal yang terjadi di sini. Semua itu disebabkan banyaknya belokan tajam, jalanan sempit, dan kondisi jalan yang sangat buruk.

5. Taroko Gorge Road - Taiwan

taroko gore
Di beberapa titik, jalan ini hanya muat dilalui satu mobil. (foto: taiwanese secret)

Sebenarnya jalanan ini sangatlah indah karena melewati taman nasional Taroko. Namun, jalan ini sangatlah berbahaya. Di beberapa titik, jalan ini hanya cukup dilalui satu bus. Yang lebih mengerikan, masih ada beberapa ruas jalan yang tidak memiliki pembatas dengan jurang.

Oleh karena itu, jika ingin melewati jalan ini, kamu harus memiliki kemampuan berkendara yang hebat.(ape)

BACA JUGA: Bukit nan Indah, Destinasi Instagramable yang tak Boleh Dilewatkan



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH