Game

Uji Kemampuan Matematika di Game 'Digits' oleh The New York Times

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 13 April 2023
Uji Kemampuan Matematika di Game 'Digits' oleh The New York Times
Sudah bisa dimainkan dalam versi uji beta. (Foto: The New York TImes)

THE New York Times sepertinya kini tertarik meluncurkan berbagai permainan sederhana yang bisa mengasah otak. Setelah Wordle, kini mereka telah mengumumkan permainan puzzle baru berbasis matematika yang dapat kamu coba melalui tautan ini.

Game berjudul Digits itu saat ini masih dalam versi uji beta. Pada dasarnya permainan ini sebuah kuis matematika yang terlihat sederhana.

Meski begitu, sebenarnya juga tak sederhana amat. "Pemain akan diberikan enam angka yang dapat ditambahkan, kurangi, kalikan, atau dibagi untuk mencapai angka tujuan," ungkap The Verge, Rabu (12/4).

Pemain tidak hanya terbatas pada enam angka itu. Kamu dapat, misalnya, mengalikan dua angka dan kemudian menjumlahkannya dengan salah satu angka lainnya.

Kamu akan mendapatkan tiga bintang bila mencapai jumlah target yang tepat, tapi bila mendekati, kamu akan mendapat satu atau dua bintang saja.

Baca juga:

Diakuisisi New York Times, Wordle Tambah Susah?

Contoh soal Digits. (Foto: The New York Times)

Coba lihat contoh gambar di atas dari The New York Times. Pemain diberi nomor awal 4, 9, 7, 10, 1, dan 20. Ia harus mencoba menjumlahkan antara enam angka tersebut agar mencapai angka tujuan, yakni 235. Pemain memilih mengurangi 1 dari 10, sehingga terdapat hasil angka 9 yang dilingkari berwarna hijau.

Kini, tersisa 4, dua angka 9, 7, dan 20, yang harus entah ditambahkan, dikurang, dikali, atau dibagi. Pokoknya harus mencapai atau mendekati angka tujuan, 235.

Secara sederhana, permainan itu terlihat seperti pelajaran FPB (faktor persekutuan terbesar) saat kita belajar matematika di sekolah dulu, tapi permainan ini sedikit lebih sulit.

Pemain tidak harus mendapatkan angka tujuan untuk memenangi permainan. Mendapat hasil yang mendekati juga sudah cukup untuk melenggang ke babak berikutnya.

Jika itu yang terjadi, skornya tidak sempurna alias hanya mendapatkan satu atau dua bintang. Sementara jika angka tujuannya tercapai, pemain beroleh tiga bintang alias skor sempurna.

Baca juga:

Cara Menang Permainan Tebak Kata Wordle

Kamu dapat tiga bintang bila mencapai jumlah angka secara tepat. (Foto: The New York Times)

Permainan ini mungkin tidak sekompetitif Wordle karena kamu tidak harus mendapatkan hasil yang benar. Berbeda dengan Wordle, kamu harus betul-betul mendapatkan kata yang tepat untuk bisa menang, tanpa bantuan, petunjuk, atau clue apa pun.

Konon, Digits versi beta itu sempat mengalami sejumlah masalah seperti penjumlahan yang tidak tepat hingga permainan tidak berfungsi saat membukanya di Chrome. Wajar saja karena ini masih dalam tahap uji beta. Namun, kini gim itu sudah tidak mengalami masalah-masalah tersebut.

Hasil uji beta ini nanti akan menentukan bila Digits bakal menjadi gim NYT yang lengkap. Bila respons terhadap permainan tidak seperti yang diharapkan tim, NYT kemudian akan menentukan, apakah mereka bakal tetap melanjutkan gim tersebut atau tidak. (waf)

Baca juga:

Kebingungan akibat Wordle Sumbangkan Word of the Year dalam Cambridge Dictionary

#Game #Matematika
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan