Uji Coba Vaksin COVID-19 Dilakukan di AS Vaksin COVID-19 sedang dilakukan uji coba (Foto: Unsplash/Martin Sanchez)

FIZER Inc. dan BioNTech SE mengumumkan peserta penelitian tahap pertama telah diberikan uji coba vaksin di AS. Uji coba tersebut dalam rangka uji klinis fase 1/2 program vaksin BNT162 untuk mencegah COVID-19.

Uji klinis ini merupakan bagian dari program pengembangan global, dan pemberian vaksin pada kelompok pertama di Jerman sudah dilaksanakan minggu lalu. Studi Fase 1/2 dirancang untuk menentukan keamanan, imunogenitas dan tingkat dosis yang optimal dari empat kandidat vaksin mRNA yang dievaluasi dalam studi tunggal yang berkelanjutan.

Baca Juga:

WHO Tengah Kembangkan Aplikasi Pelacak COVID-19

Rilis pers yang diterima merahputih.com memberitakan perhitungan tahapan tingkat dosis yang diberikan (Tahap 1) dalam uji coba Fase 1/2 di AS akan membagi 360 subyek sehat menjadi dua kelompok usia (18-55 dan 65-85 tahun). Subyek pertama yang akan diimunisasi pada Tahap pertama adalah orang dewasa muda yang sehat berusia 18-55 tahun.

Orang dewasa tua hanya akan diimunisasi dengan kandidat vaksin yang telah diuji dalam dosis tertentu. Sedangkan kelompok dewasa muda akan diberikan dosis vaksin yang telah sejak awal terbukti keamanan dan imunogenisitasnya.

Kelompok dewasa muda akan diberikan dosis vaksin yang telah sejak awal terbukti keamanan dan imunogenisitasnya (Foto: Pexels/cottonbro)

Saat ini lokasi uji coba telah menerima peserta penelitian dari NYU Grossman School of Medicine dan University of Maryland School of Medicine, serta University of Rochester Medical Center/Rochester Regional Health dan Cincinnati Children's Hospital Medical.

"Dengan adanya program studi klinis yang yang khusus dan kuat ini, yang saat ini berjalan dan dimulai di Eropa dan sekarang di AS, kami berharap untuk dapat maju dengan cepat bersama-sama dengan mitra kerja kami di BioNTech," ungkap Albert Bourla, Chairman dan CEO Pfizer.

Baca juga:

Keren! Rumah Sakit Ini Monitor Pasien COVID-19 dengan Kamera Google Nest

Program pengembangan Pfizer dan BioNTech mencakup empat kandidat vaksin, dan masing-masing vaksin mewakili kombinasi format mRNA dan target antigen yang berbeda. Desain terbaru dalam uji coba ini memberikan peluang evaluasi terhadap berbagai kandidat mRNA secara berkelanjutan.

"Kami optimis bahwa pengujian beberapa kandidat vaksin ke dalam uji coba terhadap manusia akan memampukan kami mengidentifikasi pilihan vaksinasi yang paling aman dan paling efektif dalam melawan COVID-19," ungkap CEO dan Co-Founder BioNTech, Ugur Sahin.

Produksi jutaan dosis vaksin pada tahun 2020 dapat dilakukan dan akan meningkat menjadi ratusan juta pada tahun 2021 (Foto: Pexels/Daniel Frank)

Selama tahap pengembangan klinis, BioNTech akan menyediakan pasokan klinis vaksin dari fasilitas manufaktur mRNA yang bersertifikat GMP di Eropa. Untuk mengantisipasi suksesnya program pengembangan klinis, Pfizer dan BioNTech berusaha meningkatkan produksinya untuk pasokan global.

Pfizer berencana untuk menggiatkan jaringan manufakturnya yang luas. Perusahaan ini juga berencana melakukan investasi yang berisiko agar dapat memproduksi vaksin COVID-19 yang telah disetujui dalam waktu secepatnya

Dengan luasnya jangkauan program ini, maka produksi jutaan dosis vaksin pada tahun 2020 dapat dilakukan dan akan meningkat menjadi ratusan juta pada tahun 2021. (ikh)

Baca juga:

Terinspirasi Virus Corona, Gaya Rambut Ini Jadi Populer

Penulis : Ikhsan Aryo Ikhsan Aryo
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
ENHYPEN, Grup Idola Terbaru Junior BTS
ShowBiz
Rita Ora Rilis Koleksi Perhiasan Terinspirasi 'Magic'
Fashion
Rita Ora Rilis Koleksi Perhiasan Terinspirasi 'Magic'

Merupakan bagian dari penawaran koleksi spring/summer.

Pandemi COVID-19 Ancam Keberadaan Badak Afrika
Hiburan & Gaya Hidup
Pandemi COVID-19 Ancam Keberadaan Badak Afrika

Bukan hanya manusia, satwa langka juga terancam keberadaannya akibat COVID-19

Kamera Terbaru Vivo VX50 Terinspirasi dari Mata Bunglon
Fun
Kamera Terbaru Vivo VX50 Terinspirasi dari Mata Bunglon

Vivo ini hadirkan kamera modern yang kece nan stabil.

Mungkinkah Orgasme Tanpa Sentuhan Bisa Terjadi?
Fun
Mungkinkah Orgasme Tanpa Sentuhan Bisa Terjadi?

Tanpa menyentuh terjadi orgasme, bagaimana mungkin?

Tayang di IGTV, Film Pendek 'Crazy Fast Indonesian' Curi Perhatian Warganet
Fun
Tayang di IGTV, Film Pendek 'Crazy Fast Indonesian' Curi Perhatian Warganet

Warganet memberikan respon positif untuk 'Crazy Fast Indonesian'.

Orangtua Wajib Melakukan Hal Ini saat Anak Kembali Bersekolah
Fun
Orangtua Wajib Melakukan Hal Ini saat Anak Kembali Bersekolah

Rencananya tahun ajaran baru tetap akan dimulai pada Juli 2020 mendatang.

Orang dengan Zodiak ini Enggak Betah 'Sendirian'
Fun
Orang dengan Zodiak ini Enggak Betah 'Sendirian'

Lima zodiak yang tidak tahan jika sendirian.

Sekuel untuk Film Netflix 'Bird Box' Tengah Dikerjakan
ShowBiz
Sekuel untuk Film Netflix 'Bird Box' Tengah Dikerjakan

Penulis Bird Box Josh Malerman mengatakan saat ini sekuelnya dalam tahap pengembangan.