UI Resmi Buka Pendaftaran UTBK SBMPTN untuk Mahasiswa Baru

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Jumat, 01 Maret 2019
UI Resmi Buka Pendaftaran UTBK SBMPTN untuk Mahasiswa Baru
Peserta sedang mengerjakan soal SBMPTN (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Universitas Indonesia (UI) mulai membuka pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2019 pada Jumat (1/3) secara online.

Bagi mereka yang ingin masik ke kampus besar Indonesia ini bisa langsung mengunjungi situs http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id.

"Bagi siswa/i yang ingin mengikuti SBMPTN 2019, maka harus terlebih dahulu menempuh UTBK," kata Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti seperti dilansir Antara, Jumat (1/3).

Ia mengungkapkan pada 2019 ini, UI menerima mahasiswa baru S1 reguler terbanyak melalui SBMPTN dengan kuota sebesar 40 persen atau sebanyak 2.207 kursi.

Untuk mendukung pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019, UI turut menyediakan ruang kelas di dalam kampus UI Depok dan Salemba serta menggandeng 26 SMA/SMK Negeri dan Swasta di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Depok sebagai lokasi ujian.

Dengan demikian, total ruangan yang disediakan UI untuk penyelenggaraan UTBK adalah sebanyak 128 Ruang Ujian dengan total jumlah komputer sebanyak 3.860 unit.

Rifelly menjelaskan, untuk kelancaran pelaksanaan UTBK, Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI melakukan sejumlah persiapan, di antaranya, membentuk panitia khusus terkait penyelenggaraan UTBK.

Selain itu juga menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah mitra, mengadakan pelatihan bertahap "real-like situation" di laboratorium-laboratorium komputer bagi para petugas yang terlibat, seperti admin server, teknisi lokal, dan pengawas.

"UI juga menyediakan laboratorium khusus bagi siswa berkebutuhan khusus," katanya.

Pendaftaran UTBK sendiri dilakukan selama dua gelombang, yaitu 1 sampai 24 Maret 2019 dan 25 Maret 1 April 2019. Pada SBMPTN 2019 menggunakan metode ujian yang seluruhnya telah berbasis komputer atau UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

SBMPTN 2019 tidak lagi memberlakukan jenis ujian campuran, melainkan hanya tersedia Saintek dan Soshum.

Adapun materi ujian pada SBMPTN adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) mengukur kemampuan kognitif seperti kemampuan penalaran dan pemahaman umum dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah. Informasi lengkap dapat diakses melalui http://sbmptn.ltmpt.ac.id/.

SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. UTBK 2019 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. (*)

Baca Juga: Tahun Depan Pemerintah Rombak Sistem SBMPTN, Begini Perubahannya

#SBMPTN #Universitas Indonesia #Kampus
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan