Mechatronic

UGM dan SMAK 5 Penabur Sabet Juara Pertama Mechatronic Day 3

P Suryo RP Suryo R - Minggu, 29 Oktober 2017
UGM dan SMAK 5 Penabur Sabet Juara Pertama Mechatronic Day 3
Tim Palco dari UGM menjadi jawara dalam Mechatronic. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

PERGELARAN Mechatronics Day 3 yang diselenggarakan Swiss German University hari ini (29/10) telah usai. Perlombaan yang berlangsung selama tiga hari berjalan ketat. Perlombaan merakit PLC ini diikuti sejumlah universitas ternama tanah air.

Setelah bersaing dengan ketat, Tim Palco Universitas Gadjah Mada (UGM) akhirnya berhak atas predikat jawara dalam lomba pick and place machine. Tidak dapat dimungkiri lagi kebahagiaan terlihat dari raut wajah Yusuf dan Riati dari tim Palco.

"Kita merasa bahagia. Perjuangan kita selama persiapan mengikuti lomba terbayarkan," tutur Yusuf.

Sang rekan juga tidak kalah memperlihatkan kebahagiannya dan sangat bersyukur, mendapat juara pertama.

"Persiapannya juga mepet tapi alhamdulillah masih bisa juara satu," sambung Riati.

Selain menjadi juara, Yusuf juga senang dapat mengikuti Mechatronics Day 3. Menurutnya ia mendapatkan pengalaman baru.

"Nggak terlalu berharap dapat juara tapi dapat ilmu," tambah Yusuf.

Untuk runner up, jatuh kepada tuan rumah, Swiss German University. Sementara yang menduduki posisi ketiga adalah Universitas Kristen Maranatha.

SMAK 5 Penabur (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Mechatronics Day 3 telah diselenggarakan untuk ketiga kalinya. Acara ini merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Swiss German University. Sebelumnya pada 2016, acara ini diadakan dua kali pada tahun tersebut.

Selain tingkat universitas, ajang ini juga menghadirkan perlombaan yang diikuti pelajar SMA dengan memperlombakan merakit PLC untuk Follower Robot. Dua tim dari SMAK 5 Penabur mendapatkan gelar juara pertama dan kedua. Sementara bertengger di posisi tiga ialah MAN 4 Tangerang.

"Tentu senang ya soalnya sudah berjuang keras. Akhirnya berhasil dapat hasil yang terbaik," ujar Timothy perwakilan dari tim SMAK 5X dari SMAK 5 Penabur yang mendapatkan peringkat pertama pada tingkat SMA. (ikh)

#Mechatronics Day
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan