UEFA Bakal Terapkan Teknologi Garis Gawang di Euro 2016 Ilustrasi Teknologi Garis Gawang (Foto: slwrig02.expressions.syr.edu)

MerahPutih Sepak Bola - Komisi eksekutif UEFA akhirnya memutuskan untuk menerapkan menggunakan perangkat goal line technology (GLT) atau teknologi garis gawang untuk Euro 2016 Prancis. Keputusan ini menyusul kesuksesan penggunaan GLT di sejumlah liga Eropa.

Teknologi yang dikembangkan oleh Goal Control maupun Hawkeye dianggap membantu wasit menentukan apakah bola sudah masuk gawang ketika tidak mudah dilihat oleh mata telanjang itu diterima pada sebuah pertemuan eksekutif.

"Kami sudah memberikan pandangan dan Euro 2016 menjadi kesempatan yang bagus bagi UEFA untuk memperkenalkan GLT di ajang turnamen besar," ungkap chief refereeing officer UEFA, Pierluigi Collina, seperti dilansir laman Daily Mail.

Presiden Michel Platini yang dikenal menentang penggunaan teknologi tersebut dalam sepakbola membuka peluang untuk menyetujui penggunaan GLT pada Euro 2016.

Penggunaan GLT dibarengi dengan penugasan asisten wasit tambahan di belakang gawang untuk mengawasi semua insiden yang terjadi di dalam kotak penalti. GLT juga akan digunakan mulai play-off Liga Champions musim 2016/17. Selain itu, Teknologi ini juga akan diterapkan pada Liga Europa musim 2017-2018.

"Tugas utama asisten tambahan bukan lah mengawasi garis gawang dan memutuskan apakah bola sudah melewati garis atau tidak. Alih-alih demikian, mereka bertanggung jawab memantau segala yang terjadi di dalam kotak penalti. Mereka membantu wasit utama dalam memberikan keputusan penting di area itu."

"Dengan diterapkannya GLT, asisten tambahan dibebaskan dari tugas berat dan bisa secara khusus berfokus pada insiden lain di atas lapangan."

BACA JUGA:

  1. AS Roma Resmi Pecat Rudi Garcia
  2. Sabet Ballon d'Or, Lionel Messi Puas Kalahkan Cristiano Ronaldo
  3. Mario Gotze Buka Peluang Gabung Liverpool
  4. Jamie Vardy Gantikan Lionel Messi di Cover FIFA 17?
  5. Pep Guardiola Putuskan untuk Latih Tim Liga Inggris

Tags Artikel Ini

Rendy Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH