Ucapkan 4 Hal Ini untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Mengatakan hal positif meningkatkan tumbuh kembang anak (Foto: Pixabay/27707)

KEHADIRAN si kecil membawa kebahagiaan bagi orangtua. Berbagai kebutuhan anak dipersiapkan sejak dini. Setiap orangtua memikirkan kebutuhan anak guna membantu meningkatkan proses tumbuh kembang anak. Biasanya, anak lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Nah, setiap perkataan orangtua memiliki pengaruh penting dalam tumbuh kembang anak.

Baca juga:

Bekal Sehat ke Sekolah Jaga Tumbuh Kembang Anak

Tak hanya itu, pentingnya menanamkan moral juga bisa membentuk karakteristik anak. Mulailah dengan selalu mengungkapkan rasa sayangmu terhadap si kecil. Melansir laman paxtadon, empat hal simpel ini bisa memperkuat kepekaan anak terhadap rangsangan ataupun interaksi. Nah, katakanlah beberapa ungkapan hati berikut untuk meningkatkan tumbuh kembang anak.

1. Selalu ucapkan "I Love You"

Ucapkan 4 Hal Ini untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak
Mengungkapkan cinta setiap hari memengaruhi tumbuh kembang anak (Foto: Pixabay/Pixel2013)

Jangan lupa untuk mengucapkan kata-kata sederhana seperti "Iya, anakku sayang", "Ibu atau ayah sayang kamu, nak" atau "I Love You" setiap harinya. Ungkapan ini menunjukkan rasa cinta yang dimiliki orangtua untuk si kecil sehingga memengaruhi perkembangan psikologis anak.

Baca juga:

3 Manfaat Wisata Alam untuk Tumbuh Kembang Sang Buah Hati

Memperlakukan anak dengan penuh cinta mendorong kepercayaan diri. Ungkapan sayang dari orangtua membentuk keterikatan anak yang memengaruhi psikologis anak.

2. Mengungkapkan kepercayaan ke anak

Ucapkan 4 Hal Ini untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak
Tunjukkan kepercayaanmu terhadap si kecil (Foto: Pixabay/Cherylholt)

Mengungkapkan perkataan yang positif memengaruhi tumbuh kembang anak. Ketika orangtua menunjukkan rasa percaya, anak akan merasa lebih bernilai yang memengaruhi perilaku. Menumbuhkan rasa percaya diri anak juga sehingga menjalin interaksi yang baik karena saling menjaga kepercayaan.

3. Sampaikan kata-kata yang menyemangati

Ucapkan 4 Hal Ini untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak
Berikan dukungan untuk meningkatkan semangat anak (Foto: Pixabay/RobinHiggins)

Ketika anak melakukan sesuatu, orangtua memiliki peran penting dalam membangkitkan semangat anak untuk terus berjuang.

Baca juga:

Manfaat Berenang Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

Ungkapan yang bisa kamu katakan seperti "I like it when you..", "You can do it" atau kata penyemangat lainnya yang menunjukkan dukungan. Ungkapan yang mendukung membuat anak untuk berusaha lebih keras dan tidak mudah menyerah.

4. Ungkapkan rasa bangga dan bahagiamu

Ucapkan 4 Hal Ini untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak
Ungkapkan rasa bahagia dan bangga pada anak (Foto: Pixabay/PublicDomain Pictures)

Menunjukkan perasaan bangga dan bahagia bisa membuat anak menjadi merasa dicintai. Ungkapan banggamu pada si kecil bisa membuat mereka merasa berguna dan bernilai.

Ketika anakmu telah menyelesaikan tugasnya, jangan lupakan untuk mengapresinya. Bentuk apresiasimu bisa membangkitkan semangat anak untuk menghasilkan karya lainnya. (dys)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH