Ubah Ruangan Sempit Jadi Lebih Lapang Lewat 7 Trik Ini Ada beberapa cara untuk memperluas ruanganmu secara visual tanpa mengorbankan gaya ruanganmu. (Freepik/dit26978)

SAAT memilih properti minimalis, kamu harus siap-siap menerima ruangan berukuran mini. Ini akan membuatmu putar otak bagaimana membuat ruangan sempit terlihat lebih luas. Ada beberapa cara untuk memperluas ruanganmu secara visual tanpa mengorbankan gaya ruanganmu atau merombaknya secara fisik yang menghabiskan banyak anggaran.

Sama seperti ide untuk ruangan kecil lainnya, bermain dengan pola, skala, dan tata letak adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi sebuah ruangan menjadi terlihat lebih baik secara estetika dan spasial.

Melansir laman homesandgardens, inilah beberapa tips dan trik membuat ruangan sempit terlihat lebih luas secara visual.

Baca juga:

3 Warna yang akan Membuat Rumah Terlihat Sempit

ruang sempit jadi lapang
Kesalahan banyak orang adalah menumpuk furnitur dalam satu ruang. (Freepik/Rawpixels)

1. Sebar furnitur

Sama seperti membuat ruangan kecil terlihat lebih besar, tata letak furnitur adalah kunci untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Kesalahan banyak orang adalah menumpuk furnitur dalam satu ruang. Sudah begitu, furniturnya berukuran besar dan berbentuk kotak-kotak pula. Bikin sesak ruangan dan menciptakan tampilan ruang yang jauh lebih sempit.

Untuk properti berukuran kecil, idealnya diisi oleh furnitur multifungsi demi menghemat ruang. Benda atau furnitur yang ringkas mengurangi bobot visual. Setelah itu, sebar furnitur di berbagai sisi ruang atau bagilah ke dalam beberapa ruang. Jadi sangat memungkinkan untuk cahaya melintas dan menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

2. Pakai wallpaper

Ide memakai wallpaper adalah cara brilian untuk menciptakan ilusi. Desain wallpaper skala besar yang cerah di ujung ruang sempit yang panjang untuk menarik perhatian.

Kate French, direktur kreatif dari Spesialis Wallpaper, mengatakan bahwa desain dengan aspek horizontal dalam pola seperti Sapowaydidi oleh Amechi akan menciptakan ilusi dan menghadirkan tampilan dinding yang lebih lebar. Pilihlah pola garis jika kamu ingin membuat tampilan ruangan lebih tinggi.

Menggunakan garis dalam desain interior adalah metode lama untuk bermain dengan proporsi ruangan dan dapat dengan mudah diterapkan melalui wallpaper. Pola berjajar dapat memanipulasi cara kita melihat ruang, menarik mata ke arah tertentu untuk memperlebar ruangan sempit.

3. Pasang cermin

Menggunakan cermin untuk mendistorsi ruang secara visual bukanlah hal baru dan kamu akan mendengar saran ini diulang di seluruh dunia desain. Cermin adalah salah satu cara paling efektif untuk memperluas ruang sehingga menjadi solusi ideal untuk membuat ruangan sempit terasa lebih luas.

Kamu harus memberi perhatian khusus pada pencahayaan yang merata ke seluruh ruangan. Dengan bantuan cermin, kamu dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih besar dari yang sebenarnya.

Baca juga:

4 Inspirasi Desain Dapur yang Aestetik dan Minimalis

ruang sempit jadi lapang

Warna yang lebih gelap di ujungnya sehingga menciptakan batasan visual dan membuat area tersebut terasa lebih luas. (Freepik/Rawpixels)

4. Cat yang tepat

Ide cat adalah cara mudah lainnya untuk mengubah ruang secara visual dan membuat ruangan sempit terlihat lebih luas.

Jika memiliki ruangan sempit yang memanjang, kamu dapat menggunakan warna yang lebih gelap di ujungnya sehingga menciptakan batasan visual dan membuat area tersebut terasa lebih luas. Ini mencegah penilaian ruang tersebut seperti terowongan.

Ini dapat dilakukan dengan menggunakan satu atau dua warna lebih gelap dari warna dinding lainnya untuk pendekatan yang lebih halus. Atau kamu bisa mengecat seluruh ruangan dalam satu warna.

5. Karpet dan Zonasi

Ruangan sempit sebenarnya masih bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, kamu memiliki ruang tamu yang juga berfungsi ganda sebagai kantor di rumah. Jadi kamu dapat membagi ruangan menjadi dua. Cara paling efisien untuk melakukan ini adalah dengan membagi ruangan dengan zonasi yang efektif.

Charu Gandhi, pendiri Elicyon, mengatakan zonasi ruangaan lebih efisien dan dapat membuat ruangan lebih layak huni dan nyaman. "Ruang sempit bisa dibuat terlihat lebih besar dengan bantuan karpet besar yang mengesankan, hindari karpet panjang, karena akan mengesankan ruang menjadi sempit,' tambah Gandhi.

6. Terangi ruangan

Ruang sempit dapat menimbulkan kesulitan untuk menambah ide pencahayaan, terutama ruang tamu yang mengandalkan pencahayaan campuran. Selain itu, ruangan sempit cenderung tampak suram karena sedikit cahaya alami.

Ruang yang lebih sempit mengurangi kemungkinan untuk memasang berbagai lampu lantai dan meja di sekitar ruangan. Jadi pencahayaan kreatif sangat penting karena cahaya dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

Menggunakan cahaya alami dapat membuat ruangan terlihat lebih besar dan lebih menarik. Jika jendela berada di dinding yang sempit, kamu harus meletakkan tirai dari depan jendela ke samping, sepanjang lebar dinding. Ini dapat memberi kesan memperluas ruang.

7. Ilusi ketinggian

Menambah ketinggian pada sebuah ruangan tampak tidak mengatasi kesempitan. Tapi ini dapat mengalihkan pandangan mata dari memperhatikan lebar keseluruhan ruangan. Dari sini, terciptalah kesan ruangan yang lebih lapang. "Pertimbangkan menggantung tirai tinggi ke langit-langit untuk memberi kesan tinggi di sebuah ruangan," saran Charlotte Rey, dari perusahaan dekorasi Campbell-Rey.

Cara lain untuk membuat langit-langit ruang tamu terlihat lebih tinggi adalah dengan menekankan fitur arsitektur yang ada seperti balok atau plester unik dan mempertimbangkan ide cat untuk plafon untuk memperkenalkan titik fokus baru yang menarik.

Ruangan sempit dapat dibuat terlihat lebih luas dan lebih besar dengan mencoba tips dan trik tadi. Selain tujuh langkah di atas, kamu juga harus mempertimbangkan penggunaan warna cat pada ruangan. Warna-warna yang lebih terang tersebut akan membantu ruangan terasa lebih cerah dan mencegah kesan kusam yang tidak diinginkan. Selamat mencoba! (dgs)

Baca juga:

Aku Belajar Gaya Hidup Minimalis di Masa Pandemi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tips Merawat Dinding Interior Rumah
Home Lifestyle
Tips Merawat Dinding Interior Rumah

Harus tetap merawat dinding supaya nantinya tak banyak masalah dan menyedot anggaran lebih besar.

Showroom Interior Hadir untuk Menemukan Inspirasi Hunian Impian
Home Lifestyle
Showroom Interior Hadir untuk Menemukan Inspirasi Hunian Impian

Rasakan pengalaman berbeda saat mengunjungi showroom interior.

Alasan Kenapa Tikus Sering Gigitin Kabel di Rumah
Home Lifestyle
Alasan Kenapa Tikus Sering Gigitin Kabel di Rumah

Para peneliti mengetes 32 tikus dan memberi tikus-tikus tersebut kabel-kabel yang berbeda warna, jenis, dan rasa.

Tak Asal Terang, Ini Panduan Classy Menata Cahaya di Rumah
Hiburan & Gaya Hidup
Tak Asal Terang, Ini Panduan Classy Menata Cahaya di Rumah

Pada dasarnya, pencahayaan rumah tak harus berbiaya mahal. Yang terpenting tepat dan berdaya guna.

 BTN dan BPJamsostek Berikan Rp 500 Juta Bunga 7 Persen Buat KPR
KPR
BTN dan BPJamsostek Berikan Rp 500 Juta Bunga 7 Persen Buat KPR

Untuk fasilitas PUMP, peserta bisa mengajukan kredit hingga Rp150 juta yang dapat dipergunakan untuk uang muka.

Memilih Material Finishing Dinding
Home Lifestyle
Memilih Material Finishing Dinding

Dinding harus diberikan finishing agar berfungsi secara optimal.

Prinsip Merancang Kamar Tidur Anak
Home Lifestyle
Prinsip Merancang Kamar Tidur Anak

Memulai menentukan desain kamar tidur anak yang cocok dengan kebutuhan, jenis kelamin, dan seleranya.

7 Tempat Terbaik untuk Pasang CCTV di Rumah
Fun
7 Tempat Terbaik untuk Pasang CCTV di Rumah

Sebagus apapun CCTV, jika tidak menempatkannya dengan baik dan benar, pengawasan akan kurang berfungsi.

38 Bank Ditunjuk Salurkan Subsidi Rumah Rp 23 Triliun di 2022
KPR
38 Bank Ditunjuk Salurkan Subsidi Rumah Rp 23 Triliun di 2022

Target penyaluran sebanyak 309.000 unit rumah subsidi yang terdiri dari FLPP sebanyak 200.000 unit rumah subsidi senilai Rp 23 triliun.

Peserta BPJS Ketenagakerjaan Bisa Alihkan KPR Umum Jadi KPR JHT MLT
KPR
Peserta BPJS Ketenagakerjaan Bisa Alihkan KPR Umum Jadi KPR JHT MLT

" Saya meminta kepada BPJS Ketenagakerjaan dan perbankan yang tergabung dalam HIMBARA dan ASBANDA dapat memberikan layanan terbaik bagi peserta Program JHT," kata Ida.