Uang Rupiah Sebanyak Rp55 Juta Berceceran di Kawasan Madinah Jemaah calon haji asal Indonesia (Foto: Twitter Kemenag)

MerahPutih.Com - Pengurus Haji Madinah menemukan uang milik jemaah haji yang tercecer di kawasan Madinah, Arab Saudi. Jumlahnya tidak kecil. Uang rupiah yang tercecer itu sebesar Rp55 juta.

Kepala Seksi Perlindungan Jemaah Daerah Kerja Madinah, Maskat Ali Jasmun menyatakan uang Rp55 juta tersebut kemungkinan besar milik jemaah haji asal Indonesia.

"Uang itu diserahkan kepada kami oleh warga yang menemukan. Yang menyerahkan ada yang warga sini, pengamanan Masjid Nabawi, jemaah haji Turki, Aljazair dan jamaah kita sendiri," kata Maskat sebagaimana dikutip Media Center Haji di Mekkah, Selasa (31/7).

Jasmun merinci uang tercecer jemaah tersebut terdiri dari pecahan Rupiah dan Riyal. Uang tersebut ada yang tersimpan rapi di dompet dan beberapa lainnya dibungkus dalam plastik.

Jemaah haji asal Aceh
Calon Jemaah haji (CJH) asal Aceh (Foto: kemenag.go.id

Uang yang disertai identitas pemilik, kata dia, akan langsung diserahkan kepada calon jemaah haji (CJH) bersangkutan melalui petugas sektor setempat.

Sedangkan uang tanpa identitas akan disimpan di kantor Daker Madinah.

Selanjutnya, kata Maskat Ali Jasmun sebagaimana dilansir Antara, bagi jemaah yang merasa kehilangan dapat mengontak Daker Madinah untuk dicek kebenaran pemilik barang temuan itu.

Dia mengatakan jika uang itu tidak kunjung diambil hingga musim haji selesai maka akan diteruskan ke Kantor Urusan Haji di Jeddah.

Tidak hanya uang, kantor Daker Madinah juga kerap menerima barang-barang temuan lain.

Beberapa di antaranya gelang haji, kartu kesehatan, telepon seluler, kursi roda dan lainnya.

"Begitu ada kursi roda datang dari bandara, langsung kami data. Setelah diketahui kloternya, kami distribusikan melalui sektor masing-masing," pungkas Maskat Ali Jasmun.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Penjabat Gubernur Jabar M Iriawan Inisiasi Pembangunan Tol dalam Kota di Bandung



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH