Uang Kotor di Tangan Uang mengandung banyak species mikroorganisma. (Foto: lepraxis/Pixabay)

UANG kotor bukan berarti berasal dari kegiatan melawan hukum atau yang sejenisnya. Uang kotor dalam artian memang benda yang kotor yang mengandung banyak bakteri dan kuman.

Anda harus menyadari bahwa uang kertas yang Anda pegang itu sudah berkeliling dari tangan ke tangan. Masing-masing tangan menyumbangkan bakteri dan mengendap pada uang.

Pada jurnal PLOS ONE yang terbit di tahun ini meneliti uang US$1 dari bank, mereka menemukan pada uang kertas itu ratusan spesies mikroorganisme. Berbagai bakteri, virus dan DNA hewan.

Salah satunya adalah bakteri yang menyebabkan terjadinya jerawat. Pun terdapat banyak bakteri yang tidak berbahaya bagi kulit tangan.

Penelitian yang dilakukan di Amerika ini menemukan juga uang kertas US$10 dari berbagai kota di sana, 80%nya terdapat sisa-sisa kokain.

Bayangkan uang-uang kertas penuh mikroorganisma itu berpindah tangan sampai ribuan kali sampai uang itu ditarik oleh bank sentral digantikan dengan yang baru. Sirkulasi uang ini bisa mencapai 10-15 tahun. Bayangkan seberapa banyak mikroorganisma di dalamnya.

Dengan banyaknya mikroorganisma di dalamnya, masih banyak orang yang tidak mencucitangan ketika makan di restoran. Padahal tangan mereka menyentuh uang berulang kali.

Mikrobiologis Susan Whittier dari New York-Presbyterian and Columbia University Medical Center, mengatakan bahwa seharusnya orang mencuci tangan sebelum makan. Apalagi sebelumnya sudah memegang uang, kita tidak pernah tahu mikroorganisma di dalamnya.

Untungnya menurut Emily Martin, peneliti epidemiologi padathe University of Michigan School of Public Health, kulit mampu melindungi dari mikroorganisma itu.

Bahan pembuat uang menjadi faktor utama kandungan mikroorganisma itu. Bahan plastik polimer yang dipakai pada mata uang Australia dan Kanada jauh lebih bersih ketimbang uang dolar Amerika.

Namun para pakar memperingatkan bahwa kuman dan bakteri serta virus tak hanya ada di uang saja. Melainkan di berbagai tempat umum berpotensi mengandung mikroorganisma. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH