Uang Digital Praktis tapi Kurang Publikasi Bitcoin adalah salah satu uang digital yang tengah ramai diperbincangkan. (Foto: Istimewa)

MerahPutih Teknologi - Mungkin beberapa orang sudah mengetahui uang digital seperti mata uang digital Bitcoin, namun tetap saja tidak menggunakannya. Padahal uang digital adalah kebijakan pemerintah untuk mempermudah pembayaran. Sayangnya uang digital itu praktis, tapi kurang dipublikasi.

Uang digital ada beberapa macam, yang mungkin paling familiar bagi kita adalah T-Cash dan eMoney. T-Cash sendiri dapat digunakan hanya dengan mengandalkan ponsel. Seharusnya uang digital ini dapat digunakan dengan baik di Indonesia karena terhitung ada 310 juta ponsel aktif di Indonesia.

Menurut Ricky Satria, Deputy Director Bank Indonesia saat berbicara pada acara Indosat IDByte 2015 hari kedua (1/10), meski banyak yang menggunakan ponsel, sayangnya jarang yang memiliki rekening di bank. Jika tidak memiliki akun rekening di bank tentu tidak dapat menikmati uang digital, seperti yang paling familiar adalah transaksi dengan mobile banking.

Masalah lain yang dihadapi indonesia adalah kurangnya infrastruktur perbankan di daerah, sehingga banyak orang memiliki untuk urbanisasi ke kota-kota besar untuk mendapat kemudahan akses kuangan. Akibatnya, banyak kota besar yang mengalami lonjakan penduduk.

Agar semua orang dapat menikmati uang digital, Ricky mengatakan kini agen keuangan sudah memasuki pelosok indonesia untuk memberikan pengetahuan mengenai metode pembayaran baru. Menurutnya, bukan tidak mungkin dalam lima tahun lagi tiap orang dapat terkoneksi dengan mobile banking.

Jika kemudahan transaksi uang dengan uang digital sudah dapat dinikmati semua penduduk Indonesia, sudah dapat dipastikan urbanisasi akan berkurang karena setiap orang dapat dengan mudahnya melakukan transaksi keuangan.

 

Baca juga:

  1. E Commerce Berharga untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
  2. Belanja Online Berkembang Karena Sistem Pembayaran
  3. Twitter Sarana jitu Memperoleh Penghasilan
  4. Kini, Google Now Bisa Digunakan Secara Offline
  5. Cara Sukses dengan Google Play


Fadhli