Uang Denda Tak Pakai Masker di Jakarta Capai Rp1 Miliar Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin. (Foto: MP/Zoom)

MerahPutih.com - Uang denda yang terkumpul dari warga yang tak memakai masker di Jakarta mencapai Rp1 miliar. Denda tersebut dikenakan selama masa PSBB diberlakukan hingga transisi sekarang.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mencatat sebanyak 62.198 masyarakat yang dikenakan sanksi karena tidak memakai masker. Ada 6.811 orang dari total keseluruhan pelanggar dikenakan sanksi denda, sementara sisanya hanya mendapat sanksi kerja sosial.

Baca Juga:

Dua Pekan Kedepan, Jokowi Perintahkan Kampanye Masif Pakai Masker

Selama masa pembatasan aktivitas warga atau PSBB, Satpol PP berhasil mengungumpulkan uang sanksi denda sebesar Rp2,4 miliar.

Hasil pembayaran denda sanksi protap COVID-19 masuk ke kas daerah Pemprov DKI. Orang yang melanggar harus membayar denda lewat Bank DKI.

"Denda yang gak pakai masker sudah sampai Rp1 miliar dan Rp7 juta sekian. Sehingga yang total yang dikenakan denda dari PSBB Rp2,3 miliar hingga transisi mencapai Rp2,4 Miliar," kata Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin saat diskusi online dengan Topic PSBB Transisi: Perlukah Emergency Brake Rabu (5/8).

Arsip Foto. Seorang anak melintasi mural bertema COVID-19 di Jakarta, Senin (27/7/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras
Arsip Foto. Seorang anak melintasi mural bertema COVID-19 di Jakarta, Senin (27/7/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras

Satpol PP juga telah menindak ratusan tempat usaha yang berjualan di fasilitas umun selama periode 5 Juni hingga 3 Agustus 2020.

"Sampai dengan 3 Agustus, jumlah pelanggaran di fasilitas umum yang kami tindak 595 tempat usaha," ucapnya.

Baca Juga:

Istana Ungkap Alasan Jokowi tak Pakai Masker Saat Ratas Bahas COVID-19

Kemudian, lanjut Arifin, ada 60 tempat hiburan dan industri pariwisata juga diberikan sanksi karena melanggar aturan PSBB.

"Ada teguran tertulis 8 (tempat hiburan malam), segel 28, denda 24," papar Arifin. (Asp)

Baca Juga:

Masker LED yang Digunakan Lee Min Ho Punya Banyak Manfaat


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH