Teknologi

Twitter Uji Coba Fitur Status Mirip MySpace

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 03 Agustus 2022
Twitter Uji Coba Fitur Status Mirip MySpace
Twitter tengah Uji Coba Fitur Status Mirip MySpace(Foto: pixabay/photomix-company)

MEDIA sosial Twitter agaknya mencoba bersaing dengan MySpace. Twitter belum lama ini menguji coba fitur terbarunya, yakni 'Status', yang mirip dengan fitur pada platform media sosial 'MySpace'.

Status tersebut tampak seperti badge yang berada di bagian atas cicitan. Adapun beberapa status yang bisa dipilih, antara lain yakni Spoiler alert, Shower thoughts, Picture of the Day, dan Current Status.

Baca Juga:

Twitter Uji Coba Tombol 'CC', Ini Fungsinya

Twitter tengah menguji coba sebuah fitur baru (foto: twitter @coolranchzaku)

Kini pengguna Twitter tidak dapat membuat status sendiri alias custom. Pengguna twitter hanya bisa memilih daftar status yang telah disediakan oleh pihak Twitter.

"Untuk waktu yang terbatas, kami menguji coba fitur yang memungkinkan kamu untuk menambahkan topik status dari daftar yang telah ditentukan ke Tweet kamu untuk menyediakan lebih banyak konteks bagi follower kamu," ujar Juru Bicara Twitter seperti yang dikutip laman TechCrunch.

Pihak Twitter menjelaskan bahwa uji coba tersebut dilakukan secara terbatas di Amerika Serikat dan Australia. Tapi, mereka tidak menjelaskan seberapa besar wilayah yang akan dilibatkan dalam uji coba tersebut.

Sebelumnya fitur tersebut ditemukan oleh peneliti aplikasi Jane Manchun Wong. Kala itu, Status dapat disematkan pada cicitan atau profil pengguna. Tapi, pada uji coba terbaru kali ini, Status hanya dapat masuk pada satu cicitan.

Apabila salah satu status tersebut diklik, pengguna dapat melihat cicitan lain yang memakai kata-kata sama. Namun, sepertinya bagian tersebut tidak dimoderasi oleh Twitter, karena beberapa pengguna yang ikut uji coba mengaku menemukan sejumlah konten pornografi saat mengklik salah satu status.

Pihak twitter belum memberikan informasi kapan fitur baru tersebut meluncur (Foto: pixabay/alurean)

Baca juga:

Fitur Baru Twitter Menuai Protes dari Warganet, Ada Apa?

Sejumlah pengguna Twitter mengeluhkan bahwa fitur baru tersebut dianggap tidak berguna. Beberapa bahkan menyamakannya dengan fitur lama yang sudah ada di media sosial seperti MySpace, AIM hingga LiveJournal.

Sebagai informasi, twitter saat ini sedang menguji banyak fitur secara bersamaan. Beberapa di antaranya yakni Collab Tweets, Twitter Circle, serta downvoting yang sudah diuji coba sejak lama, namun belum diluncurkan untuk publik.

Mengenai fitur status, twitter juga belum memberikan informasi kapan akan merilis fitur tersebut. Karena, biasanya uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui reaksi dari para pengguna. Apabila tidak sesuai dengan harapan, ada kemungkinan fitur tersebut dibatalkan. (ryn)

Baca juga:

Twitter Segera Hadirkan Fitur Baru untuk Blokir Ujaran Kebencian

#Teknologi #Twitter
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan