Teknologi

Twitch Kasih Opsi Streamer untuk Streaming Bersamaan di Platform Pilihan

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Minggu, 22 Oktober 2023
Twitch Kasih Opsi Streamer untuk Streaming Bersamaan di Platform Pilihan
Twitch membolehkan streamer ber-streaming secara bersamaan di platform lain. (Foto: Twitch(

TWITCH akan memberikan kesempatan kepada para kreatornya untuk melakukan streaming secara simultan di semua layanan live streaming. Pengumuman ini diberikan pada hari Jumat 20 Oktober 2023 sebagai bagian dari sejumlah besar berita dari TwitchCon Las Vegas.

Sebelumnya, streamer hanya dapat melakukan siaran langsung di platform seluler seperti TikTok dan Instagram. Namun, mulai hari Jumat, Twitch secara signifikan memperluas jangkauan sehingga streamer dapat melakukan siaran langsung secara bersamaan. Dengan catatan streamer tidak memiliki perjanjian eksklusivitas Twitch.

Akhir-akhir ini, beberapa streamer Twitch telah menjajaki opsi di platform lain. Nama-nama besar seperti xQc, Amouranth, dan Nickmercs telah menandatangani kesepakatan besar dengan pesaing Twitch, yaitu Kick pada tahun ini.

Baca juga:

Twitch Tambahkan Stories Permudah Jangkau Followers

twitch
Beberapa streamer terkenal menandatangani kontrak dengan pesaing Twitch. (Foto: Unsplash/Caspar Camille Rubin)

Kesepakatan xQc dan Nickmercs bersifat non-eksklusif. Mengingat Amouranth memiliki video di akun Twitch-nya sejak beberapa bulan yang lalu, tampaknya kesepakatannya juga bersifat non-eksklusif.

Ninja, yang merupakan salah satu streamer terkenal di twitch, membatalkan kontrak eksklusifnya dengan Twitch pada September 2022 sehingga ia dapat melakukan simulcast di berbagai platform.

Ada beberapa pedoman untuk peraturan kebijakan simulcast baru Twitch. Melansir dari The Verge, streamer harus memastikan kualitas streaming mereka di Twitch ‘tidak kalah dengan pengalaman di platform atau layanan lain’.

Streamer "tidak boleh" membagikan tautan ke komunitas Twitch mereka ke simulcast mereka di platform lain. Streamer juga tidak dapat menggunakan layanan pihak ketiga untuk melakukan hal-hal seperti menggabungkan obrolan di seluruh platform.

Twitch mengatakan akan menambahkan sebuah alat sehingga streamer dapat menunjukkan bahwa mereka sedang melakukan simulcast.

Baca juga:

Twitch Izinkan Streamer Blokir Pengguna Lain

twich
Pengumuman Twitch di X. (Foto: X/@TwitchSupport)

Twitch juga mengumumkan pembaruan besar pada kebijakan perilaku di luar layanan. "Untuk lebih melindungi streamer kami, kami menambahkan doxxing dan swatting ke dalam daftar perilaku Off-Service Conduct yang akan kami terapkan," kata perusahaan tersebut.

Perubahan tersebut mulai berlaku pada 20 Oktober 2023. Penambahan doxxing menyusul kontroversi baru-baru ini yang melibatkan YouTuber Jacksfilms yang menuduh SSSniperWolf melakukan doxxing terhadapnya dalam sebuah Instagram Story.

Pada hari Jumat, YouTube mengumumkan bahwa mereka akan melakukan demonetisasi sementara terhadap saluran SSSniperWolf dan akhirnya SSSniperWolf mengunggah permintaan maaf di X. (aqb)

Baca juga:

Twitch akan PHK 400 Karyawan

#Media Sosial #Social Media #Tren Media Sosial #Twitch #Teknologi
Bagikan
Bagikan