TVRI Butuh Sosok Pemimpin yang 'Out of the Box'

Luhung SaptoLuhung Sapto - Minggu, 15 Oktober 2017
TVRI Butuh Sosok Pemimpin yang 'Out of the Box'
Ilustrasi. (Foto: Twitter/TVRINasional)

MerahPutih.com - Ketua Komisi I DPR RI Abdul Haris Al Anshori menginginkan Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) dipimpin figur baru untuk mengisi jajaran direksi pada periode 2017-2022. TVRI membutuhkan direksi yang memiliki pemikiran out of the box atau keluar dari budaya maupun kondisi yang saat ini terjadi di internal.

"Saya berharap orang (direksi) baru yang profesional kalau orangnya itu-itu saja memang tidak bisa dikatakan pesimis tapi perlu semangat baru," kata Haris di Jakarta, Sabtu (14/10) seperti dilansir Antara.

Di samping mengatasi sejumlah permasalahan, kata Haris, pemimpin TVRI mendatang harus mampu mengangkat TVRI menjadi stasiun TV berkelas dunia.

"Dan harus melakukan pembenahan dari dalam," ujar Haris.

Salah satu indikatornya, menurut anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu yakni tidak mendapatkan predikat disclaimer atau tanpa menyatakan pendapat dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terkait tata kelola perusahaan.

Haris juga menekankan pemimpin TVRI yang baru harus mengembangkan bisnis yang inovatif dan terobosan, serta pengelolaan anggaran yang tepat sasaran.

Terlebih tantangan TVRI pada era digital sangat berat dan kompetisi global dunia komunikasi dan pertelevisian.

Dewan Pengawas TVRI menunjuk Panitia Seleksi Calon Direksi yang independen dan berasal dari luar lembaga TVRI beragam latar belakang berdasarkan Surat Keputusan Direktur Utama TVRI Nomor :135/KEP/I.1/TVRI/2017.

Panitia Seleksi Calon Direksi TVRI telah menetapkan 134 calon yang akan menjalani beberapa tahapan tes yakni Seleksi Administrasi, Tes Tertulis, Tes Asesmen dari lembaga independen, Wawancara dari Panitia Seleksi, Tes Kesehatan dsn Wawancara dari Dewan Pengawas TVRI.

Selanjutnya, Panitia Seleksi Calon Direksi TVRI akan memilih 18 kandidat untuk tiga orang calon pada setiap jabatan direktur yang diajukan kepada Dewan Pengawas selanjutnya dipilih enam orang Direksi TVRI. (*)

#Kasus TVRI
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan