Games

TV HDMI 2.1 Diperlukan untuk Bisa Mainkan Konsol Game Terbaru

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 05 Maret 2020
TV HDMI 2.1 Diperlukan untuk Bisa Mainkan Konsol Game Terbaru
Pilih TV dan Kabel HDMI yang Cocok untuk Konsol Terbaru Kamu (Foto: How To Geek)

DATANGNYA PlayStation 5 dan Xbox Series X akan memeriahkan tahun 2020, dengan performa yang lebih baik dibandingkan konsol sebelumnya. Nampaknya gamers perlu melengkapi periferal yang dibutuhkan untuk mendapatkan nuansa grafis yang lebih memanjakan mata.

Baca juga:

Gamers! 4 Game Ciamik ini Bakal Hadir di PlayStation 5

Untuk itu, TV dan kabel HDMI perlu di upgrade demi mendapatkan performa terbaik. Solusinya, kamu bisa mencoba HDMI 2.1 sebagai kabel yang cocok untuk memainkan konsol game terbaru.

TV HDMI 2.1 Diperlukan untuk Bisa Mainkan Konsol Game Terbaru
Kabel HDMI 2.1 untuk Televisi (Foto: Notebook Check)

Melansir laman Polygon, Port HDMI 2.1 dimungkinkan akan menjadi satu standar yang dipakai oleh PlayStation 5 dan juga Xbox Series X, tentu dengan fitur auto low-latency mode (ALLM) dan juga variable refresh rate (VRR) membuat HDMI 2.1 bisa menyesuaikan konsol game teranyar dengan TV, sehingga optimisasi video menjadi lebih baik.

HDMI 2.1 juga bisa menampilkan video resolusi 4K dengan 120 frame per detik, dan juga resolusi 8K dengan 60 frame per detik. Semua hal tersebut bisa dilakukan dengan lancar karena kecepatan transfer 48 gigabits per detik dari kabel HDMI 2.1.

Baca juga:

Mengintip Canggihnya Generasi Xbox Terbaru

Dalam fitur gaming, beberapa TV HDMI 2.1 memiliki fitur quick frame transport (QFT) dan juga quick media switching (QMS), sehingga latency yang didapat akan lebih teroptimisasi dan tidak mendapatkan masalah seperti jittering atau turunnya frame saat berpindah warna.

TV HDMI 2.1 Diperlukan untuk Bisa Mainkan Konsol Game Terbaru
Tidak Semua Televisi Memiliki Port HDMI 2.1 (Foto: CNET)

Untuk saat ini, beberapa TV yang dirilis pada 2020 sudah memiliki fitur HDMI 2.1 termasuk LG, Samsung, Sony, TCL, dan juga Vizio. Tetapi perlu diingat lagi, tidak semua televisi yang memiliki fitur HDMI 2.1 menjamin semua fitur gaming, jadi untuk sekarang kamu bisa coba mencari televisi yang cocok untuk konsol terbaru kamu ya! (Dnz)

Baca juga:

Produksi Playstation 5 dan Xbox Ikut Tertunda Akibat Penyebaran Virus Corona

#KabelHDMI #Gaming #Game #Televisi #PlayStation #Xbox #Konsol Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan