Tutorial Tidak Gampang 'Baper' dan 'Catch Feeling' Terhadap Seseorang Jangan baper kalau tidak mau terpuruk. (Foto: Pixabay/Disarm)

SETIAP hari kamu bertemu orang baru, dan tidak jarang beberapa dari mereka sangat menarik perhatianmu. Sayangnya ada saja yang membuat rasa tidak bertaut. Entah karena merasa masih sangat muda, ingin fokus bekerja atau trauma pada hubungan percintaan. Kadang kamu menghindari baper kepada seseorang untuk kebaikan dirimu sendiri atau kebaikan dirinya.

Mencegah lebih baik daripada mengobati! Berikut tutorial supaya kamu tidak gampang baper terhadap seseorang!


1. Jangan banyak menghabiskan waktu bersamanya

pasangan
Jangan sering menghabiskan waktu bersama. (Foto: Pixabay/SnapwireSnaps)


Semakin kamu sering menghabiskan waktu dengannya, maka kemungkinan rasa menyukainya itu akan semakin besar. Kamu sering bertemu dan bercanda tawa dengannya, yang dapat membuat kamu semakin jatuh cinta hanya dengan melihatnya tertawa dan berbahagia bersamamu. Tidak hanya momen bahagia, jika kamu lebih sering bersama dan mengalami momen duka bersama, tidak menutup kemungkinan kamu bisa semakin baper dengannya, entah dari caranya menghadapi masalah, maupun caranya menanggulangi suatu situasi.


2. Batasi komunikasi via gawai

ponsel
Batasi bertukar pesan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)


Meskipun terdengar sepele kamu cenderung lebih berani mengatakan sesuatu ketimbang obrolan di dunia nyata. Ini artinya isi hatimu atau isi hatinya lebih mudah terungkap dan perasaan-perasaan tidak biasa akan lebih mudah terbentuk. Batasi bertukar pesan sekali atau dua kali saja seminggu dan hindari pembicaraan personal.


3. Jangan ceritakan kehidupanmu

pasangan
Jangan terlalu mendalami sisi personalnya. (Foto: Pexels/Fancycrave.com)

Jika kalian sudah mulai menceritakan ambisi, hobi, dan obrolan-obrolan masa kecil kalian, maka kamu lebih cenderung menemukan persamaan-persamaan antara kalian berdua. Ini tentunya akan mengarah pada pembicaraan tentang topik yang digemari bersama. Hasilnya mengundang komunikasi yang lebih banyak, akibatnya fatal bagi perasaan satu sama lain.

Mengetahui hobi dan kegemaran teman memang bukan sesuatu yang salah, namun jangan terlalu dalam. Ketika kamu sudah mulai mengetahui lagu favorit, film kesukaan, serta nama dan kebiasaan keluarganya. Sadarilah bahwa kamu sudah memiliki setengah status teman spesial dengannya dan kamu harus segera menghentikannya.


4. Kamu tidak boleh baper

pasangan
Jauhkan perasaan suka. (Foto: Pixabay-5688709

Tanamkanlah statement bahwa kamu tidak akan suka kepadanya. Jika ini terkesan sulit, kamu bisa mengingat-ingat alasan apa yang membuatmu tidak ingin menyukainya sedari awal. Jika kamu berkomitmen, mungkin saja kamu bisa meredam percikan antara kalian berdua, atau mungkin saja tidak.


5. Jangan bersentuhan

pasangan
Jangan pernah bersentuhan fisik. (Foto: Pixabay/Takmeomeo)

Ini merupakan hal yang paling dilarang jika kamu tidak ingin baper terhadap seseorang. Sebisa mungkin kurangi sentuhan fisik, seperti bersentuhan baik hanya sentuhan tangan yang tidak sengaja, gestur memegang bahu, atau berdekatan ketika sedang berbisik. Ini bisa mengembangkan perasaanmu terhadap dia atau perasaaannya terhadap kamu sehingga rencanamu untuk tidak baper sedari awal akan gagal total. (shn)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH