Tutorial Silaturahmi Virtual Kekinian Saat Pandemi Virus Corona Silaturahmi vitrual ditengah pandemi bisa menjadi solusi agar tetap terhubung satu sama lain(Foto: theguardian/fabian strauch)

DEMI memutus rantai penyebaran virus Corona, masyarakat diseluruh dunia diimbau untuk melakukan social distancing. Jika kamu tetap bandel untuk berkumpul atau berkerumun, penyebaran Virus Corona akan sulit untuk dihentikan. Akibatnya, akan jatuh lebih banyak korban jiwa.

Saat pandemi Virus Corona ini, seluruh pihak saling bergotong-royong bersama untuk menghentikan pandemi COVID-19. Khususnya para tenaga medis yang berada di garda terdepan.

Baca juga:

Cara Mudah Mengontrol Kadar Kolesterol Saat Lebaran

Untuk masyarakat umum pun tetap bisa berkontribusi, salah satunya dengan mengindahkan social distancing. Apalagi Hari Raya Lebaran sudah semakin dekat. Umat Muslim biasanya menjadikan momen Hari Raya Lebaran untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar. Tak sedikit masyarakat yang mudik ke kampung halaman untuk menghabiskan Hari Raya Lebaran bersama sanak saudara.

Namun, saat ini situasinya berbeda karena pandemi Virus Corona. Pemerintah memberlakukan larangan mudik dan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kendati demikian, bukan berarti kamu tak bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar di kampung halaman. Karena di tengah era digital saat ini, teknologi bisa memudahkan berbagai hal, seperti halnya silaturahmi virtual. Bagaimana caranya?

1. Tetap di rumah masing-masing

Tetap melakukan social distancing dengan #DirumahAja (Foto: pixabay/alexas-fotos)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk silaturahmi virtual tentunya tetap berada di rumah masing-masing. Dengan berada #DiRumahAja kamu telah berkontribusi untuk mencegah penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini.


2. Siapkan Kuota

Siapkan kuota internet yang banyak agar silaturahmi virtual berjalan lancar (Foto: pixabay/jeshoots-com)

Silaturahmi online tentunya membutuhkan berbagai aplikasi panggilan video yang bisa dilakukan dengan jumlah banyak partisipan. Seperti Zoom, Google Meet, WhatsApp, dan Skype. Untuk menjalankan aplikasi tersebut, dibutuhkan kuota internet yang mumpuni agar silaturahmi virtual lancar tanpa gangguan koneksi.

Baca juga:

Tips Ampuh Tetap Bugar Saat Lebaran Setelah Berpuasa Sebulan Penuh

3. Pakai Baju Muslim

Kenakan baju muslim agar nuansa Hari Raya Lebaran lebih terasa saat silaturahmi virtual (Foto: instagram @raden_yusuf)

Langkah ketiga yakni siapkanlah baju muslim sebelum melakukan silaturahmi virtual. Karena, dengan kamu mengenakan baju muslim, maka suasana Hari Raya Lebaran bersama sanak saudara kian terasa kental, meski kamu tak berkomunikasi langsung secara tatap muka.

4. 'Salam Tempel' virtual

Salam Tempel bisa dilakukan secara virtual dengan m-banking atau aplikasi dompet digital (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

Saat Hari Raya Lebaran tiba, salah satu hal yang paling ditunggu oleh anak-anak ialah 'salam tempel'. Namun, apa daya, di saat pandemi Virus Corona ini kita harus saling menjaga jarak dan tak boleh berkumpul. Tapi bukan berarti 'salam tempel' tak bisa dilakukan, karena di zaman yang serba canggih ini salam tempel bisa dilakukan secara virtual atau cashless. Berikan salam tempel menggunakan mobile banking, dan sejumlah aplikasi e-money semisal GoPay, OVO, ataupun Dana. Jika ada sebagian anak-anak yang tak memiliki rekening bank atau aplikasi tersebut, bisa dititipkan kepada orangtuanya.

5. Foto edisi lebaran virtual

Ilustrasi foto lebaran virtual (Foto: sjoseph.ucdavis.edu)

Setela silaturahmi virtual bersama sanak saudara, belum lengkap rasanya jika tak mengabadikan momen Hari Raya dengan melakukan sesi foto bersama. Meski tidak berkumpul secara langsung atau bertatap muka, foto bersama tetap bisa dilakukan. Caranya dengan screenshot saat video conference bersama keluarga.

Nah itu dia gengs beberapa tips silaturahmi virtual. Jadi, jangan jadikan pandemi sebagai alasan untuk tak bersilaturahmi dengan saudara ya. Tetap sehat dan semangat. (ryn)

Baca juga:

Deretan Penyakit yang Mengintai Saat Lebaran Ini Perlu Diwaspadai

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH